Konsep Ikhlas Dalam Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri dan Relevansinya terhadap Materi Ikhlas.

Mujid, Ngafifatur Rofiqoh (2023) Konsep Ikhlas Dalam Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri dan Relevansinya terhadap Materi Ikhlas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190430 NGAFIFATURROFIQOHMUJID PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mujid, Ngafifatur Rofiqoh. 2023. Konsep Ikhlas Dalam Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri dan Relevansinya terhadap Materi Ikhlas. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing, Dr. Sutoyo, M.Ag.

Kata Kunci: Konsep Ikhlas, Kitab Hidaa>yah al-Adhkiya, Materi Ikhlas

Latar belakang penelitian ini diangkat dari studi kasus yang mana pada kenyataanya di masyarakat masih dit emukan kurangnya kadar keikhlasaan seseorang kepada Allah, mencari ridho Allah di setiap situasi dan kondisi. Mereka melupakan bahwa orientasi hidup didunia ini hanyalah untuk beribadah kepada Allah dengan dilandasari rasa ikhlas, pengabdian sebagai seorang hamba. Didalam melakukan suatu amal kebiakan, baik memberi, menolong, dan lain sebagainya mereka masih melihat penilaian manusia. Hal tersebut terjadi mungkin dikarenakan setiap lapisan masyarakat memiliki pemahaman yang berbeda-beda dalam menafsiri pengertian ikhlas. Sehingga mereka melupakan untuk siapa amal kebaikan dilakukan. Sebaiknya di era modern seperti ini menggunakan konsep yang benar sesuai dengan isi kandungan kitab Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri yang didalamnya menjelaskan syari;at, hakikat, makrifat, sehingga ikhlas termasuk kedalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep ikhlas yang terkandung dalam kitab Hidayaa>yah al-Adhkiya dan (2) mengetahui konsep ikhlas dalam materi ikhlas (3)mengetahui Relevansinya dengan Materi Ikhlas .
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), kemudian untuk pengumpulan data menggunakan metode analisis isi kandungan dari kitab Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri. Data yang dicantumkan terdiri dari dua yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari kitab Hidaa>yah al-Adhkiya, sedangkan data sekunder berupa karya ilmiah, buku-buku, artikel, jurnal, dan lain-lain yang memiliki hubungan dengan buku ajar materi Ikhlas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep ikhlas yang terdapat dalam kitab Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri adalah pengertian ikhlas yaitu melakukan amal kebaikan dengan taqarrub kepada Allah dengan tujuan untuk mencari ridho Allah. Adapun dalil yang mendasari adalah Q.S Al-Bayyinah: 5. Metode ikhlas adalah dengan niat karena Allah semata, tidak mempunyai unsur duniawi, tidak memunculkan perilaku yang menyebabkan riya. berorientasi kepada Allah, tidak bercampur dengan unsur duniawi. Bentuk ikhlas seperti tidak menghiraukan pujian atau celaan orang lain, tidak memiliki sifat riya’. Keutamaan ikhlas yaitu mendapatkan derajat yang mulia disisi Allah, senantiasa ditunjukkan dan diarahkan pada kebaikan, mendapat syafaat Rasullullah pada yaumil qiyamah kelak, mendapat pertolongan dari godaan syaithon. Relevansi konsep ikhlas dalam kitab Kitab Hidaa>yah Al-Adhkiya ila Ta}riq Al-Awliyaa>’ Karya Sha}ykh Zayn Ad-Din Ibn ‘Alii> Ibn Ah}mad Ash-Shaa>fi’ii> Al-Malybaa>ri relevan dengan materi ikhlas yang terdapat pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:59
Last Modified: 07 Mar 2023 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22440

Actions (login required)

View Item View Item