PROBLEMATIKA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IMMERSION PONOROGO

Dewi, Tri Puspita (2023) PROBLEMATIKA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IMMERSION PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Pnorogo.

[img]
Preview
Text
201180221_TRI PUSPITA DEWI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-compressed.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewi, Tri Puspita. 2023, Problematika Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Immersion Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Problematika, Multiple Intelligences.

Keberhasilan guru dalam dunia pendidikan adalah bisa membawa muridnya belajar, dengan hal lain guru juga bisa memberikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa di kelas, masalah umum yang sering terjadi ialah guru mengajar tanpa mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa. Akan tetapi secara umum di SD Immersion suatu pembelajaran sudah terlihat baik dengan konsep sekolah yang menyenangkan dan bebasis multiple intelligences, namun ada beberapa kendala yang harus diperhatikan yaitu adanya faktor internal dan eksternal. SD Immersion Ponorogo adalah satu-satunya lembaga pendidikan sekolah dasar yang pembelajarannya berbasis multiple inteligences, dalam hal ini berkaitan dengan gaya mengajar guru yang harus disesuaikan dengan kecerdasan masing-masing anak/siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) problematika penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Immersion Ponorogo; 2) upaya guru dalam mengatasi ptoblematika penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Immersion Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan teori Miles Sand Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pembelajaran di SD Immersion Ponorogo secara umum pembelajaran yang menerapkan konsep multiple intelligences dan konsep belajar yang menyenangkan. Problematika yang muncul dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences adalah faktor internal dan eksternal; Faktor internal siswa yakni memiliki masalah di dalam kehidupannya sehingga siswa kehilangan fokus dalam belajar. Faktor eksternal yakni sarana pra sarana yang kurang maksimal dengan jumlah kelas yang belum sesuai dengan kebutuhan kecerdasan siswa. Serta penempatan waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang mendukung; 2) upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran yakni; guru memberikan penanganan yang cepat dan efektif untuk menanggapi masalah internal yang dialami siswa dengan cara persuasif. Faktor eksternal yang berkaitan dengan sarana dan pra sarana ada perencanaan jangka panjang untuk meneruskan proyek bangunan agar terpenuhi kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan untuk mengatasi penempatan waktu yang kurang mendukung ketika pembelajaran berlangsung, guru memberikan penerapan strategi yang variatif yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:00
Last Modified: 07 Mar 2023 08:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22435

Actions (login required)

View Item View Item