Penerapan Metode Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas VII A MTsN 13 Ngawi

Kumalasari, Eva (2023) Penerapan Metode Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas VII A MTsN 13 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190077 EVA KUMALASARI PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kumalasari, Eva. 2023. Penerapan Metode Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII A MTsN 13 Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sutoyo, M.Ag.

Kata Kunci: Metode Reward, Motivasi Belajar, Al-Qur’an Hadis.
Di dalam pendidikan terdapat suatu proses yang disebut pembelajaran. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila guru profesional dan siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi dalam belajar sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas pada saat belajar. Adanya motivasi dalam belajar membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dan menimbulkan banyak hal positif pada saat pembelajaran berlangsung. Di dalam kelas yang dapat memicu motivasi siswa diantaranya adalah guru. Guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan berbagai cara sehingga suasana kelas yang aktif dan yang diharapkan dapat tercipta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII A MTsN 13 Ngawi dan untuk mengetahui bahwa penerapan metode reward dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII A MTsN 13 Ngawi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTsN 13 Ngawi Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode reward pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII A MTsN 13 Ngawi yaitu dengan memberikan reward baik berbentuk verbal maupun non verbal, mulai dari pujian, kalimat-kalimat positif, tepuk tangan dan pemberian hadiah atau penghargaan berupa alat tulis (buku tulis, pensil, pena, penghapus, penggaris, dll), makanan ringan, sejumlah uang dan buku motivasi belajar. (2) penerapan metode reward dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII A MTsN 13 Ngawi berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setiap sikusnya. Dapat dibuktikan persentase motivasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 50%, pada siklus I meningkat menjadi 62% dan pada pada siklus II mencapai 80% atau berada pada kualifikasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:36
Last Modified: 07 Mar 2023 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22431

Actions (login required)

View Item View Item