Pengaruh Pengalaman Nasabah Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Cokroaminoto

Wardani, Nurul Kurnia (2023) Pengaruh Pengalaman Nasabah Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Cokroaminoto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Nurul Kurnia Wardani 402180186.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Wardani, Nurul Kurnia. Pengaruh Pengalaman Nasabah Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Cokroaminoto. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci : Pengalaman Nasabah, Kualitas Layanan, Loyalitas Nasabah

Loyalitas nasabah merupakan aset penting bagi perusahaan sehingga mempertahankan nasabah yang setia harus mendapatkan prioritas yang lebih dibandingkan berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal ini dilakukan BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto yang berusaha meningkatkan pengalaman nasabah dan kualitas layanan melalui loyalitas nasabah mobile banking. Nasabah BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto sudah banyak yang memiliki BSI Mobile, tetapi tidak semua nasabah itu menggunakan BSI Mobile secara optimal atau yang loyal. Jadi tingkat loyalitas nasabah itu tidak terlalu tinggi dalam penggunaan BSI Mobile. Hal ini berdasarkan wawancara dengan nasabah pengguna mobile banking pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto bahwa nasabah cenderung memilih menggunakan BSI Mobile untuk bertransaksi. Alasannya BSI Mobile lebih mudah dan praktis, cukup menggunakan smartphone dan bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Untuk nasabah yang tidak memilih BSI Mobile untuk bertransaksi, dikarenakan kurang aman, rawan penipuan dan mudah dibobol.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengalaman nasabah dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah mobile banking pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto yang menggunakan layanan mobile banking. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik insidential sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis SPSS versi 23.0. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan tahapan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F serta koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah mobile banking pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto, pengalaman nasabah dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah mobile banking pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan besar pengaruh yang mampu dijelaskan sebesar R2 = 0,540.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:36
Last Modified: 07 Mar 2023 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item View Item