Program Organisasi Santri Wali Songo Ngabar (OSWAS) Sebagai Wahana Pengembangan Soft Skill Santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar

Yulia Hidayah, Lulus (2023) Program Organisasi Santri Wali Songo Ngabar (OSWAS) Sebagai Wahana Pengembangan Soft Skill Santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190398_LULUS YULIA HIDAYAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yulia, Lulus. 2023. Program Organisasi Santri Wali Songo (OSWAS) Sebagai Wahana Pengembangan Soft Skill Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam (IAIN) Negri Ponorogo. Pembimbing Safiruddin Al-Baqi, MA.
Kata Kunci : Program Kegiatan, Organisasi, Pengembangan Soft Skill
Sumber daya manusia saat ini dituntut untuk menjadi sumber daya yang berkualitas dalam berbagai aspek. Dunia kerja misalnya, sumber daya manusia yang dibutuhkan tidak hanya memiliki keunggulan dalam hard skill saja namun juga memiliki kemampuan dalam aspek soft skill. Soft skill ini meliputi, nilai motivasi, prilaku kebiasaan, karakter dan juga sikap. Melalui program organisasi sekolah pengembangan soft skill siswa akan terbentuk dengan adanya kegiatan-kegiatan dan juga pengalaman akan menunjang siswa untuk melakukan hal yang positif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Program Organissi Santri sebagai wahana pengembangan soft skill santri, (2) untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan Program organisasi santri sebagai wahana pengambangan soft skill santri, dan (3) untuk mengetahui dampak dari Program organisasi santri dalam perkembangan soft skill santri di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Untuk mendapatkan data-data yang valid dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Subjek utama yang dijadikan sumber data adalah ustadzah pembimbing kegiatan dan juga anggota dari organisasi santri Wali Songo (OSWAS). Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Program organisasi santri yang diberikan sebagai pengembangan soft skill santri yaitu, muhadharah, al-uswah, ilqo’, muhadatsah, festival language, scout day, senam pagi dan juga perlombaan porseni. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan diluar jam pembelajaran formal, santri yang wajib mengikuti seluruh program kegiatan adalah seluruh santri kecuali santri dari kelas 2 MA. Dampak soft skill yang dihasilkan dari program-program Oswas meliputi: (1) Manajemen Waktu; (2) Karakter; (3) Berfikir kreatif; (4) Kemampuan memimpin; (5) Komunikasi; (6) Kerja tim; (7) Kemampuan presentasi; (8) Kejujuran; (9) Bertanggungjawab; (10) Kemampuan mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:35
Last Modified: 07 Mar 2023 04:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22429

Actions (login required)

View Item View Item