Implementasi Pembelajaran Ahli Sunah Wal Jamaah dalam Pembentukan Karakter Religius Siswi M.Ts. Putri Ma'arif Ponorogo

Nurhani, Maulani Ifada (2023) Implementasi Pembelajaran Ahli Sunah Wal Jamaah dalam Pembentukan Karakter Religius Siswi M.Ts. Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190405_MAULANI IFADA NURHANI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurhani, Maulani Ifada. 2023. Implementasi Pembelajaran Ahli Sunah Waljamaah dalam Pembentukan Karakter Religius Siswi M.Ts. Putri Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph. D.
Kata Kunci: pembelajaran ahli sunah waljamaah, pembentukan karakter religius.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena umum yang terjadi, khususnya krisis nilai religius yang dialami remaja perempuan. Sebagai langkah antisipatif serta prefentif agar krisis tersebut tidak semakin parah, maka M.Ts. Putri Ma’arif Ponorogo berusaha menanamkan nilai-nilai religius kepada siswinya melalui pembelajaran ahli sunah waljamaah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran ahli sunah waljamaah dalam pembentukan karakter religius siswi M.Ts. Putri Ma’arif Ponorogo; (2) mengungkap faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran ahli sunah waljamaah dalam pembentukan karakter religius siswi MTs Putri Ma’arif Ponorogo; (3) menjelaskan implikasi pembelajaran ahli sunah waljamaah dalam pembentukan karakter religius siswi MTs Putri Ma’arif Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Bogdan dan Biklen yang meliputi memadatkan data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Nilai-nilai dalam ahli sunah waljamaah yang ditanamkan dalam pembentukan karakter religius siswi yaitu tawasuth, tasamuh, tawazun, dan ta’adul. Pembentukan karakter religius siswi melalui pembiasaan dan kegiatan diantaranya salam dan mencium tangan guru, menjalin silaturahim dengan saling sapa ketika di madrasah, sholat berjamaah, ngaji paagi, dzikir, sholawat, bakti sosial, ziarah wali, istighosah, menaati peraturan, dan lain-lain. (2) Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran ahli sunah waljamaah dalam pembentukan karakter religious siswi diantaranya minat dan motivasi belajar siswi yang tinggi, memiliki rasa ingin tahu mengenai ahli sunah waljamaah, lingkungan yang beraliran Nahdlatul Ulama’ dan menganut paham ahli sunah waljamaah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minat baca siswi yang kurang, kondisi kesehatan yang kurang baik, dan pengaruh gadget. (3) Implikasi dari adanya implementasi pembelajaran ahli sunah waljamaah dalam pembentukan karakter religius siswi M.Ts. Putri Ma’arif Ponorogo yaitu segi nilai ilahiyah terbentuk karakter religius siswi berupa peningkatan iman dan taqwa yang dibuktikan dengan adanya perubahan peningkatan kedisiplinan dalam ibadah, menjalankan sholat berjamaah tepat waktu. Sikap tawakkal diwujudkan dengan menaati tata tertib yang sudah ditetapkan di madrasah, terbiasa berdzikir setelah sholat, berdoa ketika hendak atau telah melakukan suatu kegiatan. Sikap silaturahim dan ukhuwah yang diwujudkan dalam penanaman salam dan sapa ketika berinteraksi dengan orang lain. Sikap tawadlu juga terlihat dengan adab siswi yang ta’dim kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:22
Last Modified: 07 Mar 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item