Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi

Widyastuti, May Andini Ayu (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190149 MAY ANDINI AYU WIDYASTUTI.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Widyastuti, May Andini Ayu. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Heriyudanta M.Pd.I.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Majelis Sholawat Hadrah
Majelis sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah merupakan lembaga pendidikan non formal di Kersoharjo Geneng yang berfungsi sebagai wadah bersholawat dan mencari ilmu. Melalui majelis shawalat ini merupakan salah satu upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi masyarakat sekitar terutama pemuda yang bertujuan untuk membentengi dari pengaruh negatif globalisasi. Banyak berkembang pada saat ini, seperti pergaulan bebas perkelahian dan lain sebagainya
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya mencegah dan menangulangi keresahan pada anak muda yang rawan dengan pergaulan bebas dan ntuk mendeskripsikan kegiatan yang terdapat dalam majelis sholawat, untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi, untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi dan untuk mengethaui dampak nilai-nilai pendidikan Agama Islam terhadap jamaah dalam kegiatan Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Informannya adalah Ketua majelis, anggota dan jamaah majelis.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1). Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam majelis sholawat hadrah modern Mawlawiyah Ngawi adalah iman kepada Allah, mahabbatur Rasul, amaliah dalam rangka fastabiqul khairat, dakwah Islam. Ukhuwah Islamiyah atau silaturahmi, Thalabul ilmi atau mencari ilmu, Ta’awun atau tolong menolong 2). Internaliasi Kegiatan pelaksanaan majelis sholawat hadrah modern Mawlawiyah Ngawi adalah pembacaan sholawat 3). Dampak positif yang dialami oleh para pengikut Majelis Sholawat Hadrah Modern Mawlawiyah Ngawi meliputi: Masalah ibadah menjadi lebih mudah, jiwa terasa lebih tenang, dimudahkan dalam urusan dunia, sadar dan kembali dalam kebaikan. Sedangkan dampak negatifnya adalah bangun kesiangan, lalu solusinya untuk waktu kegiatan rutinan selesai lebih awal dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:20
Last Modified: 06 Mar 2023 07:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item