Upaya Guru PAI Dalam Meningktakan Self control siswa melalui Kegiatan Keagamaan di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo

Septiani, Ana (2023) Upaya Guru PAI Dalam Meningktakan Self control siswa melalui Kegiatan Keagamaan di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190323_ANA SEPTIANI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada zaman yang semakin modern ini para remaja menghadapi multi krisis yaitu krisis jati diri, ideologi, dan kepercayaan. Mengantisipasi problem remaja tersebut berbagai upaya telah dilakukan, baik di lingkungan keluarga maupun sekolah, seperti yang terjadi di MA Ma’arif al-Ishlah Bungkal, guru PAI melakukan upaya peningkatan self control peserta didikmelalui kegiatan keagamaan. Merujuk pada permasalahan tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan kegiatan keagamaan yang diupayakan guru PAI dalam meningkatkan self control siswa di Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo, (2) mengetahui kendala-kendala dan hambatan serta solusi guru PAI dalam meningktkan self control siswa melalui kegitan keagamaan di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo, (3) mengetahui implikasi pelaksanaan kegiatan keagamaan yang diupayakan guru dalam meningkatkan self control siswa di Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian study lapangan (field reshearch). Adapun pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penelitiannya menggunakan teori Miles dan Hubermen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (data conclusion of verification).
Hasil penelitian ini: (1) Upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo yaitu dengan cara memberikan pengarahan, pendampingan, pengawasan, menanamkan kebiasaan-kebiasaan positif, dan membuat kegiatan keagamaan secara rutin dan terprogram. Sedangkan kegiatan kegamaan dilaksanakan dengan manajemen kegiatan sesuai fungsi manajemen POACE (Planning, organizing, actuating, controlling, evaluated). (2) Kendala Guru PAI dalam meningkatkan self control siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo yaitu kurangnya kedisiplinan peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik, kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua dan media sosial. Sedangkan solusi yang diberikan adalah pemberian sanksi, absensi setiap kegiatan, dan evaluasi kepada semua guru. (3) Implikasi dari upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Kabupaten Ponorogo adalah dengan adanya kegiatan keagamaan yang terprogram peserta didiklebih terarah dan bisa mengontrol dirinya.HA

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:56
Last Modified: 06 Mar 2023 03:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22394

Actions (login required)

View Item View Item