..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pembelajaran Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa Di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong

Cesyana, Cesyana (2023) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pembelajaran Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa Di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190338_CESYANA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tahfidz adalah tambahan pembelajaran yang sangat efektiv dalam meningkatkan hafaln siswa, karena dalam proses tambahan pembelajaran tersebut selain di tuntut untuk bisa membaca al-Qur’an dengan benar siswa juga harus memahami metode-metode yang di gunakan dalam pembelajaran tahfidz.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan tambahan pembelajaran tahfidz dalam penanaman konsep baca al-quran bagi kelas 8A di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong, 2) Bagaimanakah pelaksanaan tambahan pembelajaran tahfidz bagi kelas 8A di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong, 3) Bagaimanakah hasil dari penanaman konsep baca al-Qur’an pada tambahan pembelajaran tahfidz bagi kelas 8A di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitataif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini seorang peneliti melakukan penelitian langsung untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk penelitiannya kepada narasumber yang akan memberikan informasi kepada peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses tabahan pembelajaran tahfidz dengan menggunakan penanaman konep baca al-Qur’an untuk meningkatkan hafalan siswa serta untuk mengetahui ke efektivitasan hafalan siswa menggunakan metode yang di terapkan dalam tambahan pembelajaran tahfidz kelad 8A di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam proses tambahan pembelajaran tahfidz menggunakan metode menghafal dengan pengulangan, menghafal dengan mendengar, dan menghafal dengan bimbingan dari guru (talaqi, takrir, dan tasmi’). Dengan menggunakan metode tersebut tambahan pembelajaran tahfidz sudah bisa dikatakan efektiv karena siswa-siswi kelas 8A bisa menghafal ayat al-Qur’an dengan baik sesuai dengan dasar-dasar membaca al-Qur’an seperti makhorijul huruf dan tajwid. Tingkat kebehasilan proses tambahan pembelajaran tahfidz di Mts Muhammadiyah 3 Yangong di buktikan dengan wisuda tahfidz pada satu tahun sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:56
Last Modified: 06 Mar 2023 03:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22392

Actions (login required)

View Item View Item