Strategi Jurusan PAI Dalam Menyiapkan mahasiswa Calon Guru Di Era VUCA (Studi Kasus di FTIK IAIN ponorogo)

Sukmawati, Aprilia Dian (2023) Strategi Jurusan PAI Dalam Menyiapkan mahasiswa Calon Guru Di Era VUCA (Studi Kasus di FTIK IAIN ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190326 APRILIA DIAN SUKMAWATI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sukmawati, Aprilia Dian. 2023, Strategi Jurusan PAI dalam Menyiapkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru di Era VUCA (Studi Kasus di FTIK IAIN Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi, Knowledge Skill Attitude, Era VUCA

Perubahan kehidupan dunia yang semakin cepat dan serba mendadak disebut era VUCA, mengharuskan instansi lembaga pendidikan harus merencanakan strategi sebagaimana menjadi sosok pemimpin yang memiliki kepribadian berani mengambil risiko setiap menghadapi tantangan. Begitu juga mahasiswa sebagai objek pendidikan khususnya pada jurusan Pendidikan Agama Islam yang mana akan menjadi calon guru di masa mendatang dan perlunya kesiapan-kesiapan yang perlu direncanakan guna menjadi pendidik yang handal dalam menjawab segala bentuk problematika. Sehingga Prodi PAI FTIK IAIN Ponorogo berusaha menyiapkan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan knowledge, skill dan attitude guna menghadapi era VUCA. Strategi tersebut harapannya menjadi motivasi mahasiswa sebagai bahan rujukan visi misinya sebagai pendidik dalam menghadapi era VUCA.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: Strategi jurusan PAI dalam menyiapkan knowledge mahasiswa calon guru di era VUCA, Strategi jurusan PAI dalam menyiapkan skill mahasiswa calon guru di era VUCA. Strategi jurusan PAI dalam menyiapkan attitude mahasiswa calon guru di era VUCA.
Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi, display data, dan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) Strategi jurusan PAI dalam menyiapkan knowledge mahasiswa calon guru pada era VUCA, (a) memberikan motivasi kreativitas mahasiswa, (b) menginterpretasikan ajaran agama, (c) menerapkan visi yang jelas, (d) pengembangan kemampuan karya tulis ilmiah yaitu Harapannya, ketika nanti menghadapi sebuah permasalahan mahasiswa tidak bisa menyimpulkan secara langsung tetapi perlu dianalisis dulu melalui penelitian yang dilakukan. (2) Strategi jurusan PAI dalam menyiapkan skill mahasiswa calon guru pada era VUCA, yaitu (a) meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dapat diasah dan ditingkatkan melalui hard skill dan soft skill. (b) melakukan kegiatan pendukung guna meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru meliputi magang (teaching assistant dan real teaching), mata kuliah micro teaching, mata kuliah metodologi penelitian, serta kuliah pengabdian masyarakat. (3) Strategi jurusan PAI dalam menyiapkan attitude mahasiswa calon guru pada era VUCA, yaitu (a) bersosialisasi di mayarakat (b) pembagian penugasan kelompok di kelas membentuk jiwa organisasi dan sikap kepemimpinan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:25
Last Modified: 06 Mar 2023 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22391

Actions (login required)

View Item View Item