Pelaksanaan Program Subuh Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Santri Putri diPondok Pesantren Thfidzul Qur'an Al-Hasan

Azhari, Silvia (2023) Pelaksanaan Program Subuh Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Santri Putri diPondok Pesantren Thfidzul Qur'an Al-Hasan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180442 silvia azhari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Azhari Silvia. 2023. Pelaksanaan Program Subuh Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Drs Waris, M.Pd.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Program Subuh, Dalam Menumbuhkan Kedisplinan.
Kedisiplinan merupakan tujuan utama dilaksankannya sebuah pendidikan. Pada saat ini sebagaiI siswaI kedisiplinanI sebuahI halI yangI harusI dimilikiI karenaI kedisiplinanI sangatI berpengaruhI padaI tingkatI keberhasilanI siswaI dalamI meraihI tujuanI pembelajaranI yangI diraih. Upaya dalam menghadapi dekadensi moral pada kondisi saat ini adalah dengan mengarahkan peserta didik untuk belajar di pondok pesantren. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dikenal sangat tinggi tingkat kedisiplinannya jika dibandingkan dengan lembaga-lembaga pendidikan lain.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apa saja program subuh dalam menumbuhkan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo, (2) Mengetahui pelaksanaan program subuh dalam menumbuhkan kedisplinan santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo, (3) Mengetaui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program subuh dalam menumbuhkan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kegiatan program subuh dalam menumbuhkan kedisiplinan, sebagai penunjang santri agar lebih efektif, displin dan santri pun lebih terpatau dalam melaksanakan kegiatan setoran al-Qur’an. (2) pelaksanaan program subuh dalam menumbuhkan kedisiplinan ini bisa dikatakan berdampak positif, walaupun sepenuhnya belum efektif tapi sudah memberikan dampak yang cukup besar. (3) faktor pendukung dan penghambat program subuh dalam menumbuhkan kedisiplinan santri, faktor pendukung program subuh ini sudah mampu membentuk satri putri yang disiplin, taat dan barahlaqul karimah dengan pengaruh lingkungan yang baik ini akan menjadi pengaruh yang baik juga dalam membentuk kedisiplinan santri. Faktor penghambat dalam program subuh ini sebagian santri masih belum bisa memanajemen waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:05
Last Modified: 06 Mar 2023 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item