Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan di Madrasah Diniyah Al-Hasan Banaran Geger Madiun

Kusumawati, Neny Adeliya (2023) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan di Madrasah Diniyah Al-Hasan Banaran Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190051_Neny Adeliya Kusumawati_Manajamen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kusumawati, Neny Adeliya. 2023. Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan di Madrasah Diniyah Al-Hasan Banaran Geger Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Daya Saing, Madrasah Diniyah
Di era persaingan yang berkembang pesat ini, jumlah madrasah diniyah baru semakin bertambah. Hal ini tentu diperlukan peran kepala madrasah untuk meningkatkan daya saing agar madrasah diniyah dapat terus eksis. Kepala madrasah memiliki peran terutama memberikan panutan dan tanggung jawab yang baik kepada semua stakeholder, sehingga dapat meningkatkan daya saing pendidikan di Madrasah Diniyah Al-Hasan Banaran Geger Madiun.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan daya saing pendidikan di Madrasah Diniya Al-Hasan, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis peran kepala madrasah sebagai manager dalam meningkatkan daya saing pendidikan di Madrasah Diniya Al-Hasan, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan daya saing pendidikan di Madrasah Diniyah Al-Hasan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan daya saing pendidikan di Madrasah Diniyah Al-Hasan yaitu dengan menjabarkan visi ke dalam misi, merumuskan tujuan dan target mutu madrasah, melakukan analisis peluang, tantangan, kekuatan, serta kelemahan madrasah diniyah, transparan dalam penggunaan anggaran, dalam pengambilan keputusan selalu melibatkan bawahan, menciptakan komunikasi yang baik, menjaga dan menciptakan lingkungan kerja yang efektif, (2) Dalam meningkatkan daya saing pendidikan di madrasah diniyah peran kepala madrasah sebagai manager yaitu perencanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan pada awal menjabat dan semester seperti perencanaan program terkait program pembelajaran, tahfidz dan banjari. Selanjutnya mengorganisasikan program dan kegiatan yaitu dengan melibatkan seluruh elemen madrasah dan yang berkepentingan untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan di madrasah diniyah, selanjutnya menggerakkan bawahannya agar bawah ikut serta terlibat dalam program dan kegiatan dan yang terakhir yaitu controlling dilakukan untuk membantu kepala madrasah mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui dalam melakukan program dan kegiatan, (3) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan daya saing di Madrasah Diniyah Al-Hasan yaitu untuk merangsang ustaz/ustazah menjalankan tugas sesuai bidangnya masing-masing, berusaha mengadakan dan melengkapi sarana dan prasarana, membuat madrasah diniyah yang nyaman dan menarik, mempengaruhi dan mengawasi ustaz/ustazah, dan yang terakhir membina bawahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:04
Last Modified: 06 Mar 2023 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item