..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG).. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya Ahmad Fuadi Dan Relevansinya Dengan Materi PPKn di MI

Ikhsanudin, Muhammad (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG).. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Merdeka Sejak Hati Karya Ahmad Fuadi Dan Relevansinya Dengan Materi PPKn di MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ikhsanudin_203180256.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dengan melihat nilai karakter yang dimiliki para siswa mulai menurun. Dalam memperhatikan krisis global umat manusia saat ini, kita disadarkan kembali oleh visi Presiden RI pertama Ir. Soekarno tentang rumusan mengenai pentingnya pembentukan karakter bagi bangsa. Dalam novel ini terdapat banyak nilai-nilai karakter yang berefleksi pada tokoh utama. Nilai-nilai tersebut akan sangat bermakna bila dapat diterapkan dalam tahap atmosfer pembelajaran di sekolah.
Tujuan Penelitian terdiri atas: 1)Untuk mendiskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi. 2)Untuk mendiskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Merdeka Sejak Hati karya Ahmad Fuadi dengan materi PPKN di MI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Research atau penelitian kajian pustaka dengan menggunakan teknik analisis isi. Menurut Histoly, analisis isi adalah menarik kesimpulan secara objektif dan sistematis berdasarkan ciri-ciri pesan. Langkah peneliti dalam pengumpulan data menggunakan adalah studi dokumentasi yang mengacu dengan indikator-indikator nilai karakter. Keabsahan data yang digunakan dengan kredibilitas yang menyangkut mengenai ketekunan pengamatan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa novel tersebutmemiliki nilai karakter yang dominan pada aspek nasionalis. Pertama, pada novel tersebut mengangkat latar si tokoh utama hidup dalam zaman penjajahan dan selalu menyuarakan tentang perjuangan dan kemerdekaan bangsa. Selain tentang perjuangan dan kemerdekaan bangsa, novel ini juga memiliki aspek-aspek nilai religius dikarenakan dalam memperjuangkan kemerdekaannya, si tokoh juga mengikuti organisasi HMI dan novel ini juga menggambarkan bahwa si tokoh adalah orang yang religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:04
Last Modified: 06 Mar 2023 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item