Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan dan Pengembangan Karir Pegawai pada Era Kompetisi Global di SMPN 4 Ponorogo

Niswatin, Khoirun (2023) Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan dan Pengembangan Karir Pegawai pada Era Kompetisi Global di SMPN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190038_Khoirun Niswatin_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Niswatin, Khoirun. Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan dan Pengembangan Karir Pegawai pada Era Kompetisi Global di SMPN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Karir, Pegawai

Era kompetisi global menuntut pegawai sekolah bisa berkembang untuk menghadapi tantangan dan perkembangan dunia pendidikan. Berbagai kendala pengembangan karir pegawai yaitu kurangnya kemauan dan kemampuan pegawai, faktor pendidikan, politik, dan kepuasan pegawai. Peran penting yang perlu dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi hal tersebut melalui pembinaan dan pengembangan karir pegawai. Pegawai yang bekerja dengan maksimal akan membantu sekolah bisa bertahan dan dapat mengikuti perkembangan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pembinaan dan pengembangan karir pegawai pada era kompetisi global, (2) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam pembinaan dan pengembangan karir pegawai pada era kompetisi global, (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembinaan dan pengembangan karir pegawai pada era kompetisi global.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan triangulasi teknik pengambilan data dan sumber data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pembinaan dan pengembangan karir pegawai pada era kompetisi global; a) merencanakan dengan menelaah kebutuhan dan keahlian dari pegawai, b) mengorganisasikan pegawai sesuai keahlian, masukan rekan-rekan, serta karakter pegawai, c) melaksanakan pembinaan dan pengembangan karir pegawai dengan memberikan pelatihan baik pelatihan dalam pekerjaan (on the job training) dan pelatihan di luar pekerjaan (off the job training), d) mengevaluasi dengan melakukan pemantauan terhadap keberhasilan dan kendala yang dihadapi untuk di tindak lanjuti dalam pembinaan maupun pengembangan karir. (2) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam pembinaan dan pengembangan karir pegawai pada era kompetisi global; a) tekun memberi motivasi pegawai, b) memberikan kebijakan, c) melakukan pendekatan personal, d) menjadi contoh, e) menjadi keteladanan, f) memberikan reward atau punishment. (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembinaan dan pengembangan karir pegawai pada era kompetisi global; a) melakukan supervise kepada semua pegawai, b) melakukan evaluasi terhadap hasil supervise, c) memberikan timbal baik supervisi sesuai kebutuhan karir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:58
Last Modified: 06 Mar 2023 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22371

Actions (login required)

View Item View Item