STUDI ANALISIS MATERI THAHARAH DALAM KITAB MABA>DI’ AL-FIQHIYYAH KARYA UMAR ABDUL JABBAR DAN KONTRIBUSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH EDISI 2019

Kustiani, Fivie (2023) STUDI ANALISIS MATERI THAHARAH DALAM KITAB MABA>DI’ AL-FIQHIYYAH KARYA UMAR ABDUL JABBAR DAN KONTRIBUSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM BUKU AJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH EDISI 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIVIE KUSTIANI 210317363.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar dalam lingkup sekolah formal maupun informal merupakan sesuatu yang penting bagi kelangsungan dalam pembelajaran. Dalam perkembangannya Guru juga dapat memadukan materi tersebut dengan menggunakan referensi lainnya sebagai penunjang dan pengembangan materi, agar materi dapat tersampaikan secara mudah dan dimengerti oleh siswa, serta agar pemebelajaran sesuai dengan ketentuan syari’at yang telah ditetapkan oleh ulama’ terdahulu. Referensi yang dapat digunakan salah satunya yaitu menggunakan kitab. Kitab yang sering digunakan untuk membahas materi-materi dasar sering kali menggunakan kitab Maba>di’ al-Fiqhiyyah karya Ustadz Umar Abdul Jabbar. Selain dapat digunakan disekolah kitab ini sering diajarkan dalam pesantren, karena kitab ini mudah untuk difahami. Sehingga kitab ini cocok untuk menunjang buku materi ajar pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah yang masih global.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui materi pokok pembelajaran Thaharah dalam Kitab Maba>di’ al-Fiqhiyyah Karya Umar Abdul Jabbar. (2) Untuk mengetahui materi pokok pembelajaran Thaharah dalam buku ajar Mata pelajaran fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah edisi 2019. (3) Untuk mengetahui kontribusi materi pokok pembelajaran thaharah dalam Kitab Maba>di’ al-Fiqhiyyah Karya Umar Abdul Jabbar sebagai sumber materi tambahan dalam buku ajar mata pelajaran fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah edisi 2019.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Kemudian untuk analisis data metode yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode content analysis atau bisa disebut dengan “analisis isi.”
Metode Hasil penelitian ini adalah (1) Kitab Maba>di’ al-Fiqhiyyah karya Ustadz Umar Abdul Jabbar menjelaskan materi thaharah secara terperinci yang berbentuk fasal atau per tema, yang mana tema tersebut terdapat pada tiga jilid kitab Maba>di’ al-Fiqhiyyah dan kitab ini saling berkaitan satu sama lain, yang per-jilidnya menjelaskan dari yang sederhana hingga penjelasan yang kompleks beserta contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari. (2) Materi thaharah dalam buku ajar maple kelas VII Madrasah Tsanawiyah Edisi 2019 dalam pemaparannya berbentuk point-point tentang thaharah seperti pengertian thaharah atau bersuci, perbedaan bersuci dan bersih, dasar-dasar hukum bersuci, alat-alat bersuci macam-macam najis dan hadats dan juga cara mensucikannya terakhir ada hikmah-hikmah bersuci. Namun setelah sedemikian rupa materi disampaikan lengkap dalam buku, masih ada sedikit materi yang didalam kitab ada tetapi di dalam buku belum di jelaskan. (3) Terdapat kontribusi antara materi thaharah yang ada pada kitab yang ada di buku yakni dari segi pemaparan dalam kitab materi disajikan lebih singkat dan jelas, kemudian ada materi dikitab yang mana di buku belum disebutkan ataupun belum dijelaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:34
Last Modified: 06 Mar 2023 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item