Istikomah, Istikomah (2021) Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Learning Tournament Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII A di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210315096 ISTIKOMAH PAI_093515.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Istikomah, 2019. Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Learning Tournament Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII A di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo Tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan dan Strategi Learning Tournament
Salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat di lihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Dalam pembelajaran al Qur’an Hadist guru belum pernah menerapkan strategi pembelajaran aktif sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang menyenangkan ketika pembelajaran. Selain itu siswa menjadi pasif dan pemahaman siswa masih dibawah rata-rata. Sehingga berdampak pada keaktifan dan hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Untuk membantu guru dalam mengatasi hal tersebut, maka membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang efektif diharapakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan strategi Learning Tournament.
Penelitian ini bertujuan(1) menjelaskan strategi Learning Tournament dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran al Qur’an Hadist kelas VII A MTs Ma’arif Klego, (2) untuk menjelaskan strategi Learning Tournament dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al Qur’an Hadist kelas VII A DI MTs Ma’arif Klego.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII A di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo yang berjumlah 19 siswa. Model penelitian ini adalah mengacu pada model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Taggart yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan untuk penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis interaktif terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi learning tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan tiga kali siklus. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar dari tiap-tiap siklus. Pada siklus I, hasil belajar peserta didik mencapai 36,8%, siklus II meningkat menjadi 63,2% dan di siklus III mengalami peningkatan mencapai 89,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ju'subaidi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 09:01 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 09:01 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22354 |
Actions (login required)
View Item |