..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Pembacaan Surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk (Kajian Living Quran di Mushola Al-Amin Dusun Ngrambang Desa Pondok Babadan Ponorogo)

Ikhsan, Muhammad Alfian (2023) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Pembacaan Surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk (Kajian Living Quran di Mushola Al-Amin Dusun Ngrambang Desa Pondok Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IAT_M Alfian Ikhsan_301190046.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ikhsan, Muhammad Alfian. 2023 Pembacaan Surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk. Skripsi Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Mohammad Rozi Indrafuddin, M.Fil.I
Kata Kunci : Living Qur’an, Pembacaan, Rezeki, Hikmah.
Penelitian ini memaparkan perihal fenomena respond masyarakat terhadap Al-Qur’an. Fenomena tersebut menjadikan Al-Quran bagaikan hidup di masyarakat, dengan istilah lain living Quran. Quran dibaca, ditadabburi dan dipelajari maknanya dengan tujuan yang berbeda-beda seperti bacaan yang dinilai ibadah, petunjuk, obat dan tabarrukan. Permisalan dari fenomena reaksi masyarkat terhadap Al-Quran adalah dengan membaca surah-surah di dalamnya. Seperti halnya yang dilakukan jamaah mushola Al-Amin dusun Ngrambang desa Pondok kecamatan Babadan Ponorogo melakukan amalan pembacaan surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk. Penelitian ini fokus membahas perihal praktik pembacaan surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk dan hikmah setelah membaca surah-surah tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data menggunakan Living, Quran, teori fenomenologi Spiegelberg dan teori perubahan Kurt Lewin.
Hasil dari penelitian ini adalah praktik pembacaan surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk di mushola Al-Amin dusun Ngrambang desa Pondok kecamatan Babadan Ponorogo adalah praktik membaca surah-surah pilihan yang melalui media kitab yang bernama Jalbu Al-Rizqi karya K.H. Asrori Ahmad. Bahwa amalan ini berdiri dengan adanya kyai mushola yang mendapatkan ijazahan dari gurunya dengan tujuan untuk mempermudah datangnya rezeki.
Selanjutnya, Hikmah setelah pembacaan surah Yasin, Al-Waqi’ah dan Al-Mulk di mushola Al-Amin dusun Ngrambang desa Pondok kecamatan Babadan Ponorogo adalah a) lancar dalam membaca Al-Quran, b) Hafal surah yang dibaca, c) Pendekatan diri kepada Allah, d) Berkumpul dengan orang-orang yang beriman, e) Memahami isi kandungan surah yang dibaca, f) perubahan ke arah yang lebih baik, g) mendatangkan keberkahan dalam hidup dan h) mendatangkan ketenangan hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:17
Last Modified: 03 Mar 2023 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item