..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Analisis Perencanaan Strategik dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMKN 2 Ponorogo

Syaiful, Fachmi (2023) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Analisis Perencanaan Strategik dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMKN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180127_Syaiful Fachmi_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fachmi, Syaiful. 2022. Analisis Perencanaan Strategik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag

Kata Kunci: Perencanaan Strategik, Kinerja Guru
Keberadaan sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan formal, bermain peran strategis dalam keberhasilan sistem Pendidikan Nasional. Sistem Pendidikan Nasional akan berjalan dengan baik jika didahului dengan perencanaan program yang baik. Perencanaan strategis sekolah sudah tepat dilakukan di masing-masing instansi terkait terutama sekolah. Tenaga pengajar atau guru yang memiliki kualitas dalam kinerjanya akan menjadi sarana tercapainya visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan secara optimal. Dengan hal ini kinerja yang baik dan profesional harus adanya perencanaanan strategik yang efektif dan efisien dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar dan mewujudkan arah, cita-cita dan mimpi sekolah kedepan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di SMKN 2 Ponorogo. Terdapat berbagai proses dan upaya dalam penyusunan Perencanaan strategik sekolah salah satu upaya sekolah dengan adanya program peningkatan kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami: (1) untuk mengetahui tahapan perencanaan strategik dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 2 Ponorogo (2) untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan strategik dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 2 Ponorogo (3) untuk mengetahui hasil perencanaan strategik dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 2 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan dengan terjun ke lapangan secara langsung. Pada penelitian yang berlangsung di SMKN 2 Ponorogo ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang kurikulum, Tim Pengembangan Mutu Sekolah dan Guru. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tahapan perencanaan strategik yakni terdapat tahapan-tahapan mengenai penyusunan dan perumusan visi, misi serta tujuan, sosialisasi, analisis swot, penyusunan anggaran. (2) pelaksanaan perencanaan strategik dilakukan sepanjang waktu dari serangkaian proses mulai dari perencanaan pada awal tahun pembelajaran, penerapan pada saat proses pembelajaran dan evaluasi setiap akhir tahun pembelajaran. (3) hasil dari perencanaan strategik yakni dibutuhkannya Pemetaan mutu sekolah, Perencanaan mutu sekolah /Program Kerja, Pelaksanaan Perencanaan Mutu, Evaluasi Program Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:14
Last Modified: 03 Mar 2023 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22350

Actions (login required)

View Item View Item