Manajemen Program Tahfidz Al-Qur'an (Studi Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorogo)

Sundary, Retno (2023) Manajemen Program Tahfidz Al-Qur'an (Studi Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206190061_RETNO SUNDARY__MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sundary, Retno. 2023. Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorgo) Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fuadi, M.Pd.I
Kata Kunci : Manajemen, Tahfidz Al-Qur’an
Pondok Pesantren Darul Falah merupakan pondok pesantren berbasis semi modern yang menganut kurikulum Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI). yang mana pada pembelajaran KMI sama hal nya seperti pembelajaran pesantren pada umumnya hanya saja pada jenjang pendidikannya meliputi MTs, MA, dan SMK yang dihitung dari kelas 1-6 KMI. Pembelajran yang dilakukan selama 6 tahun yang dimulai dari kelas 1 MTs atau kelas 1 KMI hingga kelas 12 SMK/MA atau kelas 6 KMI. Pada pembelajran KMI, terdapat empat penjurusan yaitu kitab, enterpeuner, tahfidz Al-Qur’an dan sport. Program tahfidz Al-Qur’an di KMI Pondok Darul Falah merupakan program unggulan dengan banyaknya minat santri yang mengikuti program tahfidz dan keunikan yang ada dalam program ini. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan dalam program tahfidz guna meningkatkan proses manajemen program unggulan tahfidz Al-Qur’an dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an, (2) Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an, (3) Evaluasi Program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualiltatif yang mana data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambaran-gambaran, dalam memperoleh data yang lebih akurat. Maka dari itu peneliti menggunakan penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian tentang program tahfidz Al-Qur’an adalah adanya perencanaan pada program tahfidz yaitu dengan (1) pelaksanaan musyawarah di awal tahun pembelajran baru. (2) kemudian pada pelaksanaan program tahfidz sudah terjadwal dengan baik dan tidak akan bertabrakan dengan jadwal sekolah formal di KMI. (3) serta evaluasi yang dilakukan dengan pengadaan ujian persemester dan kenaikan juz guna menguji kemampuan siswa dalam mengikuti program tahfidz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fuadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item