PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI MA'ARIF LENGKONG

Setiawati, Lilis (2023) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS IV MI MA'ARIF LENGKONG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180066_LILIS SETIAWATI_PGMI.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Setiawati, Lilis. 2023. Pengaruh Game Online Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Lengkong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Lukman Hakim, M.Pd.

Kata kunci: Game, Online, Kebiasaan, Belajar.

Penelitian ini berawal dari suatu permasalahan yakni game online merupakan suatu permaian yang dimainkan secara online dengan menggunakan jaringan wifi atau paket data. Banyak siswa keasyikan bermain game sampai tidak teraturnya dalam kebiasaan belajar mereka di rumah maupun di sekolahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena bermain game online pada siswa kelas IV MI Ma’arif Lengkong dan pengaruh game online terhadap kebiasaan belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Lengkong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif denagan jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumemtasi. Sedangkan untuk analisis data regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menyatakanbahwa (1) Pada perolehan hasil game online didapatkan nilai antara 31 sampai 53, dimana 31 adalah nilai nilai terendah dan 53 adalah nilai tertinggi. Dari data tersebut diperoleh mean 43,00, median 44,00 dan modus 45. Dari penyebaran data didapatkan range 22 dan simpangan baku (standar devisi) 4,997. Bahwa dari data hasil perilaku belajar statistik didapatkan nilai antara 38 sampai 58, dimana 38 adalah nilai nilai terendah dan 58 adalah nilai tertinggi. Dari data tersebut diperoleh mean(rat-rata)50,40, median 51,50 dan modus 49. Dari penyebaran data didapatkan range 20 dan simpangan baku (standar devisi) 5,531. Game online genre petualangan berpengaruh terhadap aspek belajar asosiasi verbal, belajar aturan, dan belajar pemecahan masalah. Game online genre racing/balapan juga berpengaruh terhadap aspek belajar rangkaian. Game online genre peperangan/tembaktembakan/ peperangan juga berpengaruh terhadap aspek belajar diskriminasi. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan anatara game online dengan perilaku bealajr siswa yang ditemukn hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 6,739 dengan taraf signifikansi 0,015%, dan nilai pengaruh game online terhadap perilaku belajar yakni nilai R Square sebesar 0,165, artinya besarnya pengaruh game online terhadap perilaku belajar ialah 16,5%, dalam artian siswa tersebut mampu membagi waktu antara belajar dan bermain game online. Ketika waktu belajar, siswa gunakan untuk belajar, membaca buku dan di waktu luang digunakan untuk bermain game online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:04
Last Modified: 02 Mar 2023 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22346

Actions (login required)

View Item View Item