..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penerapan Prinsip Ekonomi Islam dalam Jual Beli Online Sistem Dropshipping (Studi Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Hasan)

Mita Sulviana, Mita Sulviana (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penerapan Prinsip Ekonomi Islam dalam Jual Beli Online Sistem Dropshipping (Studi Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Hasan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi Mita Sulviana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jual beli online merupakan suatu kegiatan yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan bagi pelaku usaha bisnis online. Salah satu pilihan dalam jual beli online yang sekarang sedang booming dilakukan adalah jual beli online dengan menggunakan sistem dropshipping. Dropshipping adalah salah satu sistem jual beli yang memungkinkan satu individu menjual barang tanpa harus menyetok barang, dan bahkan tanpa harus melakukan pengiriman sendiri. Dalam jual beli online harus terdapat prinsip ekonomi Islam hal tersebut dikarenakan agar tidak terdapat kerugian diantara salah satu pihak. Pada dasarnya dalam jual beli online tidak boleh diantara salah satu pihak yang merasa dirugikan dan hanya menguntungkan di salah satu biasa saja. Dalam prinsip ekonomi Islam, kejujuran serta tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan apalagi menyangkut tentang perdagangan. Terdapat kasus di pondok pesantren tahfidzul Quran Al Hasan Ponorogo Ponorogo ketika para santri yang melakukan bisnis online dengan sistem dropshipping bertentangan dengan prinsip ekonomi yaitu prinsip kejujuran dan tanggung jawab,yang di mana dalam jual beli kedua prinsip tersebut harus ada di dalamnya agar tidak ada di salah satu pihak yang dirugikan dan hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Selain itu, dalam menjalankan jual beli online sistem dropshipping terdapat beberapa prinsip yang harus dijalankan agar dapat berjalan sesuai dengan syariat Islam dan halal untuk dijalankan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan prinsip ekonomi Islam dalam jual beli online sistem dropshipping yang dilakukan oleh santri pondok pesantren tahfidzul Qur'an Al Hasan Ponorogo. Jenis penelitian ini untuk penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis secara kualitatif deskriptif.
Berdasarkan penelitian dan dilakukan di pondok pesantren tahfidzul Qur'an Al Hasan Ponorogo diperoleh hasil sebagai berikut 1. Penerapan prinsip ekonomi Islam pada santri pondok pesantren Tahfidul Quran Al-Hasan penuhnya diterapkan dengan baik dan sebagaimana mestinya, dan pemahaman pengetahuan santri terhadap prinsip ekonomi Islam masih sedikit dan tidak tahu mengetahui prinsip ekonomi Islam. 2. Faktor pendukung memudahkan para santri memulai usaha bisnis online dengan sistem dropshipping,, bisa memulai berbisnis di mana saja, mudah untuk menemukan konsumen. Faktor penghambat keterbatasan dan pengoperasian HP ketika ingin berjualan setiap waktu, tidak tahu stok barang dari supplier. 3. Dampak jual beli online sistem dropshipping ada dua dampak yaitu positif dan negatif, untuk dampak positif bisa menambah uang saku, melatih jiwa bisnis dan untuk dampak negatifnya membuat para santri hedon untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan lupa untuk tirakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Atikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:16
Last Modified: 02 Mar 2023 03:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22341

Actions (login required)

View Item View Item