..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PENYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Persepsi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Rianissany, Ilma (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PENYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Persepsi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317038 - ILMA RIANISSANY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rianissany, Ilma. 2022. Pengaruh Persepsi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing,Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci :Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, Motivasi Belajar,
Prestasi Belajar PAI
Pendidikan merupakan aktivitas mengembangkan seluruh aspek dalam diri manusia yang berjalan seumur hidup. Pendidikan tidak sebatas pengembangan intelektual namun juga mengembangkan seluruh aspek kepribadian manusia. Hasil belajar yaitu hasil yang didapatkan seseorang pelajar yang dapat diterima secara menyeluruh mencakup ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Pandemi coovid-19 membuat pembelajaran yang semula tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh. Menyebabkan berbagai permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Keterbatasan sarana dan prasarana serta tingkat kepatuhan siswa terhadap tanggung jawab tugas sekolah serta pembelajaran yang diberikan oleh guru hanya memberikan tugas menyebabkan menurunnya prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Kemampuan komunikasi interpersonal guru adalah salah satu faktor eksternal. Sedangkan Motivasi menjadi salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.
Tujuan Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini adalah: (1)Untuk mengetahui signifikasansi pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021; (2) Untuk mengetahui signifikasansi pengaruh motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021; (3) Untuk mengetahui signifikan pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru dan motivasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel 71 siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan model penelitian kausal komparatif (ex-post facto). Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa : (1) Kemampuan komunikasi interpersonal guru berpengaruh secara signifikan dengan prestasi belajar PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis data,didapatkan kemampuan komunikasi interpersonal guru berpengaruh sebesar 22.1% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo dan 77.9% sisanya berpengaruh oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model atau yang tidak sedang diteliti. (2) Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo. Berdasarkan hasil analisi data, didapatkan motivasi berpengaruh sebesar 45.8% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo dan 54.2% sisanya berpengaruh oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model atau yang tidak sedang diteliti. (3) Kemampuan komunikasi interpersonal guru dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo, berdasarkan hasil analisis data, didapatkan interpersonal guru dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar. Sebesar 47.1% dan 52.9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:30
Last Modified: 02 Mar 2023 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item