Manajemen Program Sekolah Unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek

Ningsih, Amin (2022) Manajemen Program Sekolah Unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211217060 Amin Ningsih MPI.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningsih, Amin. 2022. Manajemen Program Sekolah Unggulan Di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.
Kata kunci : Manajemen Program, Sekolah Unggulan.
Manajemen program pendidikan adalah alat yang digunakan untuk mengatur terselenggaranya sebuah program pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian usaha-usaha pendidikan supaya dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sekolah Unggulan merupakan sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan yang dihasilkan (Out put/Outcome) dari pendidikan yang dilaksanakan.
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui perencanaan program sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan program sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek. 3) Untuk mengetahui evaluasi program sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang mana pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai 1) Perencanaan program sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek dilakukan dengan dua tahap yaitu, tahap pemilihan program yang akan diambil dan tahap pemetaan minat siswa. Dalam tahap pemilihan program, pihak yang terkait memutuskan untuk mengambil tiga program yaitu, program sekolah unggulan Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris, program sekolah unggulan sains, program sekolah unggulan matik. Sedangkan pada tahap pemetaan minat siswa sekolah, proses seleksi antar peserta didik yang akan mengikuti program sekolah unggulan ini untuk siswa berprestasi dan nilai raport rata-rata 80. 2) Pelaksanaan program sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek dalam meningkatkan prestasi peserta didik melalui program sekolah unggulan, yaitu memaksimalkan pelatihan di setiap jurusan program sekolah unggulan dengan tujuan agar peserta didik mampu menguasai materi dan bisa menambah potensi dan prestasi peserta didik. 3) Evaluasi program sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Panggul Trenggalek merupakan tahap akhir dalam suatu kegiatan. Evaluasi atau penilaian disini dilakukan melalui ujian, penilaian terhadap siswa itu sendiri secara individu, serta penilaian terhadap minat an antusias dari para siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:28
Last Modified: 02 Mar 2023 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item