..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pemuda Perspektif Muhammad Al-Fatih Dalam Buku MUhammad Al-Fatih Karya Aly Muhammad Ash-Shalabi Dan Relevansinya Dengan Kepemimpinan Pendidikan Islam

Zanah, Ro'ikhatul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pemuda Perspektif Muhammad Al-Fatih Dalam Buku MUhammad Al-Fatih Karya Aly Muhammad Ash-Shalabi Dan Relevansinya Dengan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180427 RO'IKHATUL ZANAH PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ro’ikhatul Zanah.2022. Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pemuda Perspektif Muhammad Al-Fatih Dalam Buku Muhammad Al-Fatih Karya Ali Muhammad Ash-Shalabi Dan Relevansinya Dengan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, FATIK, IAIN Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing Bu Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.

Kata kunci: Kepemimpinan, Muhammad Al-Fatih, Pendidikan Islam

Pada hakikatnya semua manusia diciptakan sebagai pemimpin dimuka bumi Khalifatu Fil Ardh. Dengan wewenang yang telah dimiliki tersebut manusia dapat memimpin dirinya bahkan mempengaruhi orang lain tentunya dengan kebaikannya. Terlebih lagi seorang pemuda yang menjadi harapan bangsa untuk memimpin sesuai dengan karakter kuat yang ada dalam dirinya. Tak lepas dari itu, pendidikan Islam mengambil peran penting sebagai penjawab tantangan zaman dikala moral mulai turun dan norma mulai tak diperdulikan lagi. Pemuda saat ini telah turun nilai kepeduliannya terhadap norma yang salah satu faktornya adalah dampak buruk dari penggunaan teknologi tanpa ada yang membatasi, menyebarnya situs-situs terlarang yang dengan mudahnya dapat diakses. Oleh karena itu, pentingnya pemimpin dalam pendidikan Islam sangat kuat pengaruhnya terhadap pembentukan moral serta norma bagi pemuda saat ini. Didukung dengan seorang tokoh yang sangat kuat pengaruh kepemimpinanya yaitu Muhammad Al-Fatih seorang pemuda yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi pada sebuah kepemimpinan dan dalam sebuah hadith yang telah diramalkan oleh Rasulullah. Hal inilah yang menjadikan penulis mengambil sebuah judul tentang menumbuhkan jiwa kepemimpinan pemuda perspektif Muhammad Al-Fatih dan relevansinya dengan kepemimpinan pendidikan Islam.

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang kepemimpinan Muhammad Al-Fatih dan perspektifnya dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan pemuda yang direlevansikan dengan kepemimpinan pendidikan Islam.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan interpretatif dan jenis penelitian ini adalah kepustakaan (Library research). Dengan sumber primer diambil buku Muhammad Al-Fatih karya Ali Muhammad Ash-Shalabi dan sekunder dari beberapa buku, artikel dan karya tulis ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan analisis konten sebagai teknik analisis datanya.

Hasil penelitian ini berupa konsep kepemimpinan Muhammad Al-Fatih yang berupa keteguhan hatinya dalam memimpin, keberaniannya dalam menegakkan keadilan, kecerdasannya dalam menciptakan strategi perang dan perhantian penuhnya terhadap para ulama’. Konsep tersebut sangat relevan dengan kepemimpinan pendidikan Islam yang memiliki beberapa konsep tentang kekuatan mempengaruhi bawahan, fokus pada satu tujuan, pengolahan sumber daya dan memberikan bimbingan norma kemanusiaan. Sehingga perspektif Mugammad Al-Fatih ini dengan kepemimpinan pendidikan Islam dapat direlevansikan karena didalamnya terdapat pengorganisasian, persamaan prinsip kepemimpinan serta karakter kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:02
Last Modified: 01 Mar 2023 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22318

Actions (login required)

View Item View Item