Tafsir Sosio-Historis Q.S. Al-Munafiqun dalam Pandangan Muhammad Izzat Darwazah

Firdaus, Wardatul (2023) Tafsir Sosio-Historis Q.S. Al-Munafiqun dalam Pandangan Muhammad Izzat Darwazah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WARDATUL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Firdaus, Wardatul. 2022, Tafsir Sosio-Historis Q.S. Al-Munāfiqūn dalam Pandangan Muhammad ‘Izzat Darwazah. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Irfan Riyadi, M.Ag
Kata Kunci: Q.S. Al-Munāfiqūn, Sosio-Historis, Muhammad ‘Izzat Darwazah.
Hambatan dakwah Nabi Muhammad Saw. di tanah Madinah salah satunya adalah kaum munafik. Banyak ayat Alquran yang menceritakan perihal orang-orang munafik, namun ada sebuah surah yang spesifik memiliki nama al-Muna>fiqu>n. Berawal dari hal tersebut penulis ingin menggali aspek sosio-historis pada masa itu dibalik penurunan surah yang diberi nama al-Muna>fiqu>n tersebut. Salah satu ulama tafsir yang dinilai sebagai ahli sejarah dan memiliki keterangan sosio-historis yang kental dalam penafsirannya adalah Muhammad ‘Izzat Darwazah. Maka, penulis menjadikan tafsiran Muhammad ‘Izzat Darwazah dalam kitab al-Tafsi>r al-Hadi>ts sebagai patokan dalam mengulik sosio-historis surah al-Munafiqun.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sistematika yang digunakan Muhammad Izzat Darwazah dalam surah al-Muna>fiqu>n apakah telah sesuai dengan sistematika ideal beliau. Serta, untuk menelaah seberapa jauh aspek sosio-historis yang diterangkan Muhammad Izzat dalam tafsir surah al-Muna>fiqu>n. Penelitian ini menggunakan telaah kajian pustaka.
Dengan menganalisis sistematika tafsir Q.S. al-Muna>fiqu>n dari Muhammad ‘Izzat, didapatkan detail sosio-historis dibalik penurunan surah ini, yaitu rangkaian peristiwa: 1. Perang Bani Musthaliq dan h}adi>thu al-ifki, 2. Fitnah Abdullah bin Ubay bin Salul. Berbagai ucapan orang munafik yang ditengarai dipimpin oleh Ubay bin Salul memiliki ketidak sesuaian dengan realita yang ada. Keengganan mereka untuk meminta maaf atas fitnah yang mereka lakukan dan tabiat buruk lainnya juga menjadi dasar atas penurunan surah al-Muna>fiqu>n.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:05
Last Modified: 27 Feb 2023 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22300

Actions (login required)

View Item View Item