Pengaruh Lokasi Dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Cabang Madiun)

Purwaningsih, Desi (2023) Pengaruh Lokasi Dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Cabang Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Desi Purwaningsih_IAIN Ponorogo.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Purwaningsih, Desi. Pengaruh Lokasi dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al - Mabrur Cabang Madiun). Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci : Lokasi, Pengetahuan, Keputusan
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Mabrur Cabang Madiun merupakan salah satu bank syariah yang tertelak di Jl. Kapten Saputra No.13 Taman, Madiun.Dari hasil observasi diketahui bahwa lokasi dan pengetahuan tentang produk memiliki peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Lokasi bank yang kurang startegis dan tingkat pengetahuan tentang produk yang rendah dapat mempengaruhi keputusan nasabah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi dan pengetahuan tentang produk terhadap keputusan nasabah menggunakan BPRS Al-Mabrur Cabang Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner kepada 95 nasabah BPRS Al-Mabrur Cabang Madiun. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS yang dilakukan dengan tahapan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lokasi dan pengetahuan tentang produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan BPRS Al-Mabrur Cabang Madiun. Demikian juga variabel lokasi dan pengetahuan tentang produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan BPRS Al-Mabrur Cabang Madiun. Besarnya kontribusi variabel lokasi adalah sebesar 37,1% sedangkan 24,2% dipengaruhi oleh variabel pengetahuan tentang produk hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keputusan nasabah dalam menggunakan BPRS Al-Mabrur Cabang Madiun dapat dilakukan dengan tetap mempertahankan lokasi yang strategis pada bank. Karena sebagai variabel yang paling dominan baru kemudian diikuti oleh variabel pengetahuan tentang produk. Dari hasil pengujian diperoleh nilai R-Square sebesar 61,3% yang dapat diinterpretasikan bahwa keputusan nasabah meggunakan bank syariah dapat dijelaskan oleh faktor lokasi dan pengetahuan tentang produk dan 38,7% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:48
Last Modified: 27 Feb 2023 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item