..(TAMBAHKAN MATERAI DAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL LEMBAR PERTAMA S/D TERAKHIR, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Internalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membangun Karakter Santri Di Pondok Pesantren Assyafi'iyah Durisawo Ponorogo

Azzahro, Suryo Alvin (2022) ..(TAMBAHKAN MATERAI DAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL LEMBAR PERTAMA S/D TERAKHIR, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Internalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membangun Karakter Santri Di Pondok Pesantren Assyafi'iyah Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SURYO ALVIN AZZAHRO_201180450.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SURYO ALVIN AZZAHRO, 2022, internalisasi nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam upaya membangun karakter santri Pondok Pesantren Assafiiyah Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kata Kunci : Internalisasi nilai, Pendidikan Agama Islam, Membangun Karakter, Santri, Pondok Pesantren
Internalisasi nilai nilai Pendidikan Agama Islam di pondok pesantren terdiri dari aspek al

Qur’an, al Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih/ibadah, muamalah dan sejarah peradaban Islam (SPI). Semua itu diajarkan dalam upaya membentuk karakter keberagamaan santri. pondok pesantren berfungsi meningkatkan keimanan ketaqwaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan santri tentang ajaran agama Islam yang kaafah sempurna sehingga menjadi manusia yang beriman bertaqwa kepada Allah Swt, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat dan bernegara.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam upaya membangun karakter santri (2) Untuk Mengetahui metode internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam upaya membangun karakter santri (3) Untuk Mengetahui peran kyai dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam upaya membangun karakter santri.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan Ketekunan/keajegan pengamatan dan triagulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembentukan katakter santri melalui pembiasaan akhlak terpuji seperti sholat fardhu berjamaah, sholat sholat sunnah seperti sholat tahajut, sholat dhuha, dzikir, keteladanan dari Para kyai, Ustadzdan kegiatan lainnya seperti muhadhoroh, sholawatan, dzikir Istighosah (2) Metode pengembangan karakter santri melaui manajemen pesantren yaitu perencanaan program, pengorganiasian, pelaksanaan, pengontrolan dan evaluasi. Pendekatannya sistemik WSD whole school development model. Yang melibatkan komponen eksternal wali santri, tokoh masyarakat atau kebijakan dari pemerintah daerah maupun kementrian Agama (3) Peran kyai dalam upaya membangun karakter santri yaitu peran sebagai ulama, pewaris para nabi ilmunya sebagai mursyid maka peran sebagai
contoh dan suri teladan bagi para santrinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:38
Last Modified: 27 Feb 2023 04:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22298

Actions (login required)

View Item View Item