PERKEMBANGAN PRODUK CONSUMER BANK SYARIAH INDONESIA KC KEDIRI HAYAM WURUK

Septiana, Elysa (2023) PERKEMBANGAN PRODUK CONSUMER BANK SYARIAH INDONESIA KC KEDIRI HAYAM WURUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ELYSA SEPTIANA_SKRIPSI ACC_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Septiana, Elysa. Perkembangan Produk Consumer Bank Syariah Indonesia KC Kediri Hayam Wuruk. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.

Kata Kunci: Perkembangan, Produk
Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya Bank Syariah Indonesia atau BSI adalah gabungan dari tiga bank syariah yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Setelah merger BSI sangatlah berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut berbagai jenis produk BSI juga semakin berkembang, bahkan juga terdapat produk baru. Hal tersebut dikarenakan menyesuaikan pola pikir masyarakat dan kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingga BSI menjadi solusi dalam pengembangan perekonomian di Indonesia. Perkembangan produk consumer inilah yang harus diterapkan di era digitalisasi saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan produk consumer bank syariah Indonesia KC Kediri Hayam Wuruk, menganalisis perkembangan produk consumer bank syariah Indonesia KC Kediri Hayam Wuruk, dan menganalisis efektivitas perkembangan produk consumer bank syariah Indonesia KC Kediri Hayam Wuruk.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana penelitian ini menggunakan paparan data deskriptif dari pada data numerik untuk menyajikan temuannya. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan produk consumer pada Bank Syariah Indonesia KC Kediri Hayam Wuruk adalah faktor internal dan eksternal. Faktor eksternalnya yaitu dipengaruhi oleh BI rate, kondisi ekonomi, trend market property, perkembangan teknologi dan gaya hidup. Sedangkan faktor internalnya adalah perubahan fatwa MUI dan perubahan system IT. Sedangkan perkembangan produk consumer adalah pada produk pensiun menambah kerjasama baru. Sebelum merger produk pensiunan bekerja sama dengan para pensiunan taspen, sedangkan saat ini menambah kerja sama dengan pensiunan asabri. Produk griya terdapat perkembangan pada program baru yaitu produk griya hijrah, griya simuda, dan griya mabrur. Sedangkan, fasilitas yang diberikan mulai dari milad ke 1 dan milad ke 2, yaitu pada milad ke 1 spesial margin sebesar 1,11% p.a. eff. Fix 1 Tahun, sedangkan saat ini produk griya terdapat perkembangan yang membaik sehingga special margin setara 2,22% eff p.a. fix 1 tahun. Perkembangan pada BSI OTO adalah terdapat program baru yaitu BSI OTO melalui Mobile Banking. Sedangkan, pada produk BSI mitraguna berkah adalah terdapat keterbaruan pada programnya yaitu terdapat BSI Mitraguna Online. Efektivitas produk consumer BSI KC Kediri Hayam Wuruk sangatlah efektiv, hal tersebut dapat dilihat pada respons pasar ketika kantor cabang melakukan promosi. Respon masyarakat Kediri sangatlah berantusias dan menerima dengan baik ketika semua produk di promosikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:21
Last Modified: 27 Feb 2023 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22287

Actions (login required)

View Item View Item