UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’ĀN SANTRI PUTRI MELALUI METODE TARTĪL DI PONDOK PESANTREN TAḤFĪẒU AL-QUR’ĀN AL-HASAN PUTRI PATIHAN WETAN BABADAN PONOROGO

Nur Anas, Dwi Rochmatin (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’ĀN SANTRI PUTRI MELALUI METODE TARTĪL DI PONDOK PESANTREN TAḤFĪẒU AL-QUR’ĀN AL-HASAN PUTRI PATIHAN WETAN BABADAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180067_DWI ROCHMATIN NUR A_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dikerenakan santri yang masuk di Pondok Pesantren Taḥfīẓual-Qur’ānAl-Hasan berbeda￾beda dalam hal kemampuan membaca al-Qur’ān juga dalam hal waqafdan waṣal. Maka Pondok Pesantren Taḥfīẓual-Qur’ānAl-Hasan yang merupakan satu-satunya pondok pesantren yang mendalami al-Qur’āndi wilayah Patihan Wetan, membuat suatu program kegiatan yang mana menjadi jawaban atas permasalahan tersebut yang kemudian dinamakan dengan “tartīlan”. Kegiatan “tartīlan” merupakan salah satu kegiatan pondok ini yang menggunaka metode tartīl dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penerapan metode tartīl dalam Pembelajaran al-Qur’ān di Pondok Pesantren Taḥfīẓual-Qur’ān Al-Hasan Putri Patihan Wetan Babadan Ponorogo, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’ānsantri putri setelah diterapkannya metode tartīl di Pondok Pesantren Taḥfīẓual-Qur’ānal-Hasan putri Patihan wetan Babadan Ponorogo. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di Pondok Pesantren Taḥfīẓu al-Qur’ān Al-Hasan Putri. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode observasi, metode wawamcara dan metode dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah Ning Wardatul Firdaus selaku pengajar kegiatan tartīlan dan santri putri Pondok Pesantren Taḥfīẓual￾Qur’ānAl-Hasan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan metode tartīl dalam pembelajaran al-Qur’ān di Pondok Pesantren Taḥfīẓu al-Qur’ān Al-Hasan Putri yaitu dengan menggunakan sumber pembelajaran berupa al-Qur’ān, kitab Risālatul al-Qurā’ wa al-Huffadz, dan kitab at-Tashil. Diawali dengan membaca asmā al-husna, do’a sebelum membaca al-Qur’ān, membaca al-Fātiḥah, penambahan materi berupa sifat huruf, makhāriju al-hurūf, waqaf dan waṣal, serta ilmu tajwīd, membaca al-Qur’ān secara bergantian yang diawali oleh ning Wardatul Firdaus dan ditirukan seluruh santriwati, kemudian ditutup dengan do’a setelah membaca al-Qur’ān serta membaca Q.s al-A’la ayat 6-7. (2) Kemampuan membaca al-Qur’ān santri putri Pondok Pesantren Taḥfīẓu al-Qur’ān Al-Hasan Putri berbeda-beda, mulai dari yang belum bisa membaca al-Qur’ān (dari nol), sudah bisa membaca al-Qur’ān hanya tinggal memperbaiki makhāriju al-hurūf, dan sudah lancar atau faṣīh dalam membaca al-Qur’ān.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:06
Last Modified: 24 Feb 2023 08:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22280

Actions (login required)

View Item View Item