penggunaan Model Value Clarification Technique (VCT) untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di Kelas 7 MTs Miftahul'ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun

Susanti, Ratna (2022) penggunaan Model Value Clarification Technique (VCT) untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di Kelas 7 MTs Miftahul'ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180032_Ratna Susanti_Tadris IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Susanti, Ratna.2022,Penggunaan Model Value Clarification Technique (VCT)Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Di Kelas 7MTs Miftahul’ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun Tahun 2021/2022. Skripsi.Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Model Value Clarification Technique(VCT), Menumbuhkan Karakter, Peduli Sosial, Pembelajaran IPS, Materi Interaksi Sosial.
Permasalahan yang terjadi di MTs Miftahul’Ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun berupa kurangnya sikap kepedulian sosial siswa, dalam menghadapi musibah sehingga mereka acuh tak acuh terhadap sesama, seperti kurangnya sikap tolong-menolong ketika mendapati teman yang sedang kesulitan, dan siswa kurang menghormati guru ketika proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Di Kelas 7 MTs Miftahul’ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun Tahun 2021/2022(2)Apa Faktor Penggunaan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Di Kelas 7 MTs Miftahul’ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun Tahun 2021/2022 (3)Bagaimana hasil Penggunaan Model Value Clarification Technique (VCT) Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Di Kelas 7 MTs Miftahul’ulum Pucang Kradinan Dolopo Madiun Tahun 2021/2022.
Penelitianini menggunakan metedologi dengan jenis Pendekatan deskripsi Kualitatif. penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati.Subjek penelitian adalah Guru IPS dan siswa kelas VII. Adapun objek penelitian ini adalah Penggunaan model value carification technique (VCT) untuk menumbuhkan karakter peduli social siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penggunaan (VCT) untuk menumbuhkan karakter peduli sosial siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial guru memberikan dengan penjelasan guru terkait materi yang disampaikan dengan metode ceramah dan dihubungkan dengan sikap peduli sosial.Guru memberikan contoh nyata terkait persoalan kepedulian sosial agar siswa memiliki gambaran nyata. Lalu secara berkelompok siswa diminta untuk berdiskusi dan mengidentifikasi fenomena kepedulian sosial yang telah diberikan oleh guru.(2) faktor penghambat dalam menerapkan karakter peduli sosial meliputi faktor intern adalah kurangnya motivasi. Dalam Penggunaan VCT Siswa memiliki motivasi atau minat yang rendah untuk peduli terhadap sesama sehingga akan menghambat sikap peduli sosial. Faktor ekstern terdiri dari: Keluarga, Lingkungan, media elektronik. waktu dan kesempatan. (3) hasil Penggunaan diantaranya siswa lebih memiliki kesadaran dalam rasa peduli sosial di sekolah dapat ditunjukkan dengan perilaku saling membantu, saling menyapa,saling menghormati antar warga sekolah,dan bersikap empati terhadap sesama teman di kelas, dan melakukan sumbangan tiap seminggu untuk teman yang sedang membutuhkan atau terkena musibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:05
Last Modified: 24 Feb 2023 08:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item View Item