Bentuk Pendampingan Orang Tua Dalam Belajar Anak Di MIN 10 Magetan

Ningsih, Wahyu (2023) Bentuk Pendampingan Orang Tua Dalam Belajar Anak Di MIN 10 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WAHYU NINGSIH 203180246 SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendampingan orang tua dalam belajar anak di MIN 10 Magetan masih ditemukan adanya orang tua mengajari dan mendampingi belajar dengan memaksa, menuntut, dan menggunakan nada tinggi. Pendampingan belajar yang dilakukan oleh orang tua menyebabkan keadaan yang tidak nyaman yaitu anak merasa takut menghadapi orang tua ketika proses belajar berlangsung. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi bentuk pendampingan belajar yang dilakukan orang tua dalam belajar anak dan pencapaian orang tua dalam mendampingi belajar anak MIN 10 Magetan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk pendampingan yang dilakukan orang tua dalam mendampingi belajar anak di MIN 10 Magetan, (2) mendeskripsikan pencapaian dari bentuk pendampingan orang tua dalam mendampingi belajar anak di MIN 10 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MIN 10 Magetan, dengan narasumber terdiri dari perwakilan 5 orang tua, 5 anak didik, dan 4 guru di Min 10 Magetan. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Bentuk pendampingan orang tua dalam belajar anak di MIN 10 Magetan ada empat, yaitu: a) Orang tua memberikan fasilitas belajar berupa alat tulis, buku sekolah, buku penunjang, dan ruang belajar sesuai dengan kebutuhan anak, b) Orang tua memberikan motivasi belajar bentuk verbal berupa pujian dan bentuk non-verbal berupa perlakuan, namun tidak menutup kemungkinan masih terdapat orang tua yang tidak memberikan motivasi belajar, c) Orang tua dalam mengawasi waktu belajar anak adalah dengan membiasakan anak belajar pada waktu yang sudah ditentukan, dan memantau kegiatan belajar secara langsung dan tidak langsung, d) Orang tua dalam mengenali dan mengatasi kesulitan belajar, sebagaimana orang tua sepenuhnya telah mengetahui dan memahami kesulitan yang dihadapi anak ketika belajar. (2) Pencapaian dari bentuk pendampingan orang tua dalam belajar anak di MIN 10 Magetan, yaitu: a) Orang tua dengan sukarela memberikan fasilitasi belajar yang memadai sehingga kegiatan belajar berjalan dengan efektif, b) Adanya motivasi belajar yang tinggi baik dari orang tua berupa verbal dan non-verbal, secara umum berdampak terhadap suasana hati anak saat belajar, c) Orang tua dalam mengawasi waktu belajar menghasilkan kedisiplin diri pada anak yakni belajarnya menjadi lebih teratur. Meskipun demikian, masih ada anak yang melaksanakan belajar hanya ketika ada PR dari sekolah, sehingga kegiatan belajar tidak teratur dan menjadi kebiasaan yang tidak baik, d) Orang tua dalam mengenali dan mengatasi kesulitan belajar secara bersama berusaha memberikan stimulus agar anak dapat menemukan dan memecahkan masalah dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:22
Last Modified: 24 Feb 2023 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item