Pengaruh Taksiran Harga Biaya Pemeliharaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Magetan Memilih Poduk Gadai Emas di BSI KCP Magetan MT Haryono 1

Retnosari, Tri (2023) Pengaruh Taksiran Harga Biaya Pemeliharaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Magetan Memilih Poduk Gadai Emas di BSI KCP Magetan MT Haryono 1. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TRI RETNOSARI_SKRIPSI MUNAQASYAH FIX_UPLOAD ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Retnosari, Tri. Pengaruh Taksiran Harga, Biaya Pemeliharaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Gadai Emas di BSI KCP Magetan MT Haryono 1. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M.AK.

Kata Kunci : Gadai Emas Syariah, Taksiran Harga, Biaya Pemliharaan, Kualitas
Pelayanan, Minat Masyarakat.

Emas atau perhiasan menjadi salah satu benda yang hampir dimiliki semua masyarakat, karena bisa digunakan sebagai sarana investasi maupun berjaga-jaga jika ada kebutuhan yang mendesak. Produk Gadai Emas di BSI KCP Magetan MT Haryono 1, merupakan produk yang sering di tawarkan pihak bank syariah kepada masyarakat. Melihat banyaknya permintaan gadai emas dari masyarakat untuk kebutuhan finansial maupun permodalan. Hal ini akan dimanfaatkan para perusahaan bisnis dengan menyediakan jasa pegadaian emas yang nantinya akan membuat masyarakat sebagai konsumen memiliki banyak pilihan untuk menggadaikan perhiasan yang dimilikinya. Dan pada akhirnya masyarakat akan lebih mempertimbangkan kualitas produk gadai emas yang ditawarkan, seperti nilai taksiran harga emas, biaya pemeliharaan emas maupun kualitas pelayanan yang diberikan dan dirasa menguntungkan.
Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui apakah taksiran harga, biaya pemeliharaan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam memilih produk gadai emas di BSI KCP Magetan MT Haryono 1. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh taksiran harga, biaya pemeliharaan dan kualitas pelayanan terhadap minat masyarakat memilih produk gadai emas di BSI KCP Magetan MT Haryono 1 baik secara parsial (individu) maupun secara simultan (bersama-sama).
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kusioner menggunakan teknik probability sampling dengan metode accidental sampling. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji linier sederhana dan uji linier berganda dengan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R^2) menggunakan SPSS 23.
Hasil penelitian secara parsial menunjukan variabel taksiran harga berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat memilih gadai emas dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,442 > 1,661, variabel biaya pemeliharaan tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat memilih gadai emas dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,997 < 0,661 dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat masayarakat memilih gadai emas dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,227 > 1,661. Adapun hasil penelitian secara simultan variabel taksiran harga, biaya pemeliharaan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat memilih gadai emas dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 19,139 > 3,090 koefisien determinasi ( R Square) sebesar 37,4% sisanya 62,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:21
Last Modified: 24 Feb 2023 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22274

Actions (login required)

View Item View Item