..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO

Husna, Binti Qoni'atul (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Husna, Binti Qoni’atul. 2022. Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Karakter Religius, Metode Keteladanan Guru, Anak Usia Dini
Pembentukan karakter merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk membentuk kepribadian, watak, serta sifat yang luhur untuk membentengi diri terhadap hal-hal yang negatif dari luar. Pemerintah Indonesia sendiri telah mengupayakan karakter sebagai pondasi dan ruh yang kuat dalam pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, pembentukan karakter tidak bisa dilakukan dengan maksimal apabila dilaksanakan oleh satu pihak saja. Disinilah sekolah memegang peranan penting dalam pembentukan karakter salah satunya melalui keteladanan guru.
Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) mendeskripsikan implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk karakter religius anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk karakter religius anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan capaian perkembangan karakter religius anak setelah guru menerapkan metode keteladanan di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Adapun hasil dari penelitian ditemukan bahwa: (1) implementasi metode keteladanan guru terdiri dari langkah-langkah implementasi keteladanan guru yaitu: a) guru memberi instruksi yang jelas, b) guru memperingatkan dan menegaskan aturan yang dibuat, c) guru memberi contoh langsung, d) guru selalu mengawali aturan yang sudah dibuat, e) guru dan anak-anak melakukan secara terus-menerus, f) anak-anak mengikuti setiap contoh aturan yang diberikan, g) dan akhirnya menjadi sebuah kebudayaan dan kebiasaan dalam diri anak. Cara implementasi metode keteladanan ada dua yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Macam-macam pengaruh metode keteladanan ada dua yaitu pengaruh yang disengaja dan pengaruh yang tidak disengaja. (2) Faktor pendukung implementasi keteladanan guru yaitu usia anak, pribadi guru, kesadaran orang tua, fasilitas sekolah yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu tingkat pemahaman anak yang berbeda-beda, tingkat kepedulian orang tua yang kurang, kurang konsisten guru dalam pemberian keteladanan, tidak adanya tindak lanjut dari orang tua mengenai keteladanan yang sudah diterapkan di sekolah. (3) Capaian perkembangan karakter religius anak usia dini usia 5-6 tahun setelah guru menerapkan metode keteladanan berkembang sangat baik, diantaranya: a) anak sudah mengenal agama yang dianut, b) membiasakan diri beribadah, c) memahami perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb), d) menjaga kebersihan diri dan lingkungan, e) mengenal ritual dan hari besar keagamaan, f) menghormati agama orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:20
Last Modified: 24 Feb 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22273

Actions (login required)

View Item View Item