PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI METODE MELIPAT KERTAS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA NURUL DHOLAM LEMBEYAN MAGETAN

Fajarwati, Anisah Zakiy (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI METODE MELIPAT KERTAS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA NURUL DHOLAM LEMBEYAN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180003_ANISAH ZAKIY FAJARWATI_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fajarwati, Anisah Zakiy. 2022. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Nurul Dholam Lembeyan Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ratna Nila Puspitasari, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Melipat, Anak Usia Dini
Kegiatan melipat atau disebut dengan origami merupakan kegiatan permainan yang sangat menarik yang menekankan pada teknik kerajinan tangan dengan cara melipat yang menggunakan bahan kertas untuk menghasilkan bentuk-bentuk tertentu yang membutuhkan koordinasi mata dan jari-jari tangan. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di RA Nurul Dholam Lembeyan Magetan bahwa kemampuan motorik halus anak belum berkembang secara optimal dan masih perlu peningkatan serta kegiatan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak kurang kreatif, sehingga masih banyak anak dalam kemampuan motorik halus anak masih tergolong belum berkembang, banyak anak mengalami kesulitan dalam menggunakan otot-otot tangan dan koordinasi mata seperti pada cara memegang pensil, menjiplak bentuk yang belum rapi, mewarnai yang masih corat-coret serta dalam meniru bentuk dengan melipat kertas origami khususnya. Maka peneliti tertarik menggunakan kegiatan melipat kertas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Nurul Dholam Lembeyan Magetan.
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Dholam Lembeyan Magetan; 2) untuk mengetahui capaian perkembangan motorik halus anak setelah menerapkan metode melipat kertas pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Dholam Lembeyan Magetan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 17 anak yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui metode melipat kertas yang mana dengan hasil penelitian pada pra siklus penelitian dapat diperoleh dengan hasil 34,41% dengan tingkat perkembangan belum berkembang dari semua keseluruhan jumlah 17 anak. Kemudian pada Siklus I diperoleh hasil 55,88% pada keterampilan motorik halus anak dengan tingkat perkembangan mulai berkembang, dan pada siklus II diperoleh hasil 80,14 %, untuk keterampilan motorik halus dengan tingkat perkembangan berkembang sesuai harapan. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode melipat kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Dholam Lembeyan Magetan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:20
Last Modified: 24 Feb 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item