Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kemampuan Riset Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo

Rohmah, Nazilatul (2022) Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kemampuan Riset Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180046_NAZILATUL ROHMAH_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi perkembangan zaman yang sedang terjadi madrasah melaksanakan pengembangan diri dan juga peningkatan kualitas secara menyeluruh di berbagai aspek pembelajaran dan keahlian. Kesiswaan sebagai salah satu komponen penting memiliki andil cukup besar dalam mewujudkan perubahan dan perkembangan yang harus dilaksanakan. Program peningkatan kemampuan riset siswa di MAN 2 Ponorogo dilaksanakan dengan meliputi kopetensi dalam menganalisa sebuah temuan atau memunculkan temuan baru, dan pembuatan karya-karya ilmiah melalui riset atau penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis mengenai pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam program kesiswaan dalam peningkatan kemampuan riset siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya adalah kepala madrasah, wakama kesiswaan, Pembina dan pembimbing ekstrakulikuler, dan siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dalam penelitian ini adalah dengan peningkatan ketekunan dalam triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program peningkatan kemampuan riset siswa di MAN 2 Ponorogo dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi pada ekstrakulikuler KIR dan program kelas riset. Pada ranah manajemen kesiswaan peningkatan kemampuan riset berkonsentrasi pada pelaksanaan ekstrakulikuler KIR dengan diikuti pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendukung yang mengakomodir kebutuhan siswa-siswi. Kesiswaan dalam upaya peningkatan kemampuan riset siswa berperan sebagai pelaksana dan pendukung juga bertugas sebagai coordinator dan bertanggung jawab atas proses perencanaan, pelaksanaa, dan perolehan hasil dari program peningkatan kemampuan riset siswa yang dilaksanakan. 2) Program peningkatan kemampuan riset siswa di MAN 2 Ponorogo yang dilaksakanan di fokuskan kepada peningkatan kemampuan atau keahlian dalam melaksanakan penelitian, analisis, penulisan ilmiah, dan literasi atau berfikir kritis dan pembuatan karya-karya keilmiahan. Peningkatan dan pengembangan keahlian penelitian dan riset dilakukan dengan penyelenggaraan pelatihan di dalam kelas, pendalaman materi diluar kelas, dan kegiatan rutinan ekstrakulikuler disetiap minggunya. Kegiatan lain yang dilakukan sebagai upaya serupa ialah keikutsertaan siswa/siswi dalam kegiatan perlombaan dan kegiatan pelaksanaan riset yang diadakan baik dalam tingkat regional, nasional, maupun internaisonal yang didalamnya dilakukan penambahan bimbingan secara ekstra berkaitan dengan metode dan susbtansi penelitian. 3) Program peningkatan kemampuan riset siswa yang dilaksanakan oleh kesiswaan MAN 2 Ponorogo melalui ektrakulikuler KIR mampu memberikan dampak positif baik bagi madrasah maupun bagi siswa-siswi, ditandai dengan meningkatnya prestasi perlombaan riset ditingkat regional, nasional, maupun internasional. Selain itu juga diperolehnya kualitas pendidikan yang lebih baik pada aspek SDM baik peserta didik maupun guru dan pembimbing. Peningkatan kemampuan riset kedepannya diharapkan mampu memenuhi dan menjawab tantangan zaman dimana kemampuan pemecahan masalah dan literasi akan lebih diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Muhammad Ghaffar M.Pd.I
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:34
Last Modified: 23 Feb 2023 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22260

Actions (login required)

View Item View Item