Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Karakter Religius pada Siswa di SMPN 1 Bandar Pacitan Jawa Timur

Hasanah, Elisa Amanatun (2022) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Karakter Religius pada Siswa di SMPN 1 Bandar Pacitan Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180128 elissa amanatun hasanah MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan memiliki fokus utama dalam menciptakan dan mengembangkan manajemen diri yang baik dalam suatu lembaga. Lembaga pendidikan saling bekerja sama untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sesuai dengan tujuan yang ada yakni menciptakan generasi penerus bangsa yang mampu menghadapi era milenial berdasarkan akhlak yang baik. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan upaya mengungkap kebutuhan masyarakat sekitar dan menguak sisi kelebihan yang dilakukan di lembaga pendidikan di SMPN 1 Bandar dengan meneliti pengelolaan program berbasis religius dengan tujuan mengembangkan karakter siswa melalui pembentukan akhlakul karimah pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan kesiswaan dalam pengembangan karakter religius pada siswa, (2) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kesiswaan dalam pengembangan karakter religius pada siswa, dan (3) Mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi kesiswaan dalam pengembangan karakter religius pada siswa.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik pengamatan triangulasi.
Hasil penelitian tersebut diperoleh data bahwa: (1) Perencanaan kesiswaan dalam pengembangan karakter religius pada siswa didasari oleh visi misi yang terstruktur serta program kegiatan yang menunjang kebutuhan pihak internal maupun eksternal. Program kegiatannya adalah melaksanakan apel pagi dan siang, shalat dhuha berjama’ah, shalat dhuhur, shalat jum’at, taklim, jum’at amal, membaca asmaul husna, menerapkan 6 s (senyum, sapa, salam, salim, sopan, santun), perayaan hari besar islam. Mekanisme perencanaannya melalui sistem musyawarah dengan cara membentuk tim khusus dengan waktu pelaksanaan setiap akhir tahun untuk memperbarui sistem. Manfaat darikegiatan berbasis religius ini adalah meningkatkan kemampuan pengelolaan diri individu siswa, (2) Pelaksanaan kesiswaan dalam pengembangan karakter religius pada siswa dilaksanakan dengan membentuk tim khusus yang dipercaya ahli dalam bidangnya untuk bertanggungjawab menangani jalannya program berbasis religius dengan saling mengingatkan dan pro-aktif dalam mengikuti kegiatan. (3) Evaluasi kesiswaan dalam pengembangan karakter religius pada siswa yaitu menangani siswa yang kurang tertib dalam mengikuti kegiatan dengan cara melakukan bimbingan khusus olehguru BK, pengadaan absen disetiap kegiatan guna meminimalisir pelanggaran pada siswa, memberikan hukuman dengan sistem poin jika ada siswa yang melanggar, serta menjaga komunikasi yang baik antar pihak. Manfaat dari evaluasi kesiswaan berbasis religius adalah menanamkan kedisiplinan pada siswa, terciptanya komunikasi yang baik antar pihak baik internal maupun eksternal, menciptakan output yang baik dan berakhlak, serta menciptakan budaya yang baik di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:33
Last Modified: 23 Feb 2023 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item