Model Komunikasi Pemasaran Wisata Mloko Sewu Ponorogo Dalam Meningkatkan Kunjungan wisatawan

Ihsanuddin, Alfin (2023) Model Komunikasi Pemasaran Wisata Mloko Sewu Ponorogo Dalam Meningkatkan Kunjungan wisatawan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Etheses Alfin Ihsanuddin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Komunikasi pemasaran merupakan cara atau teknik untuk menyampaikan informasi kepada pelangggan, jenis model komunikasi pemasaran perlu diperhatikan agar jangkauan yang dituju tepat sasaran. Objek penelitian ini adalah Mloko Sewu Ponorogo, yang mengalami penurunan jumlah wisatawan sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini. Peneliti mengambil ini sebagai alasan untuk meneliti model komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola wisata, dengan tujuan untuk mengetahui apakah komunikasi pemasaran yang dilakukan berfungsi dengan baik, ataukah penurunan jumlah pengunjung benar-benar disebabkan oleh kurangnya minat masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai model komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Mloko Sewu Ponorogo dalam meningkatkan jumlah pengunjung, mengenali hambatan apa saja yang dialami Mloko Sewu dalam menjalankan komunikasi pemasaran, dan menggambarkan bagaimana komunikasi pemasaran tersebut diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil yang didapatkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Mloko Sewu melaksanakan model komunikasi pemasaran dengan menggunakan metode Iklan (Advertising) melalui Instagram dan radio serta menerapkan Promosi Penjualan (Sales Promotion) dengan menawarkan potongan harga tiket bagi para pengunjung rombongan yang berjumlah di atas 20 orang. Mloko Sewu mengalami hambatan teknis, hambatan teknis tersebut dalam menggunakan Instagram untuk mengoptimalkan dan menyiapkan rencana iklan yang efektif.
Kata kunci: Model komunikasi, Pemasaran, Wisata

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:32
Last Modified: 23 Feb 2023 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item