..(SURAT PERNYATAAN DIGANTI DENGAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Hasil Melalui Strategi Learning Tournament Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VII A di MTs Ma'arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Istikomah, Istikomah (2022) ..(SURAT PERNYATAAN DIGANTI DENGAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Hasil Melalui Strategi Learning Tournament Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VII A di MTs Ma'arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
REVISI ISTIKOMAH 210315096 PAI 2.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Istikomah, 2019. Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Learning Tournament Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII A di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan PonorogoTahunpelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan dan Strategi Learning Tournament
Salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat di lihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Dalam pembelajaran al Qur’an Hadist guru belum pernah menerapkan strategi pembelajaran aktif sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang menyenangkan ketika pembelajaran. Selain itu siswa menjadi pasif dan pemahaman siswa masih dibawah rata-rata. Sehingga berdampak pada keaktifan dan hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Untuk membantu guru dalam mengatasi hal tersebut, maka membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang efektif diharapakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan strategi Learning Tournament.
Penelitian ini bertujuan(1) menjelaskan strategi Learning Tournament dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran al Qur’an Hadist kelas VII A MTs Ma’arif Klego, (2) untuk menjelaskan strategi Learning Tournament dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al Qur’an Hadist kelas VII A DI MTs Ma’arif Klego.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII A di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo yang berjumlah 19 siswa. Model penelitian ini adalah mengacu pada model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Taggart yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan untuk penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis interaktif terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi learning tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan tiga kali siklus. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar dari tiap-tiap siklus. Pada siklus I, hasil belajar peserta didik mencapai 36,8%, siklus II meningkat menjadi 63,2% dan di siklus III mengalami peningkatan mencapai 89,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:30
Last Modified: 23 Feb 2023 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22253

Actions (login required)

View Item View Item