Strategi Promosi Madrasah dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Kota Madiun

Novitasari, Untari Dwi (2023) Strategi Promosi Madrasah dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180061_UNTARI DWI_MPI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Novitasari, Untari Dwi. 2023. Strategi Promosi Madrasah dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Kota Madiun. SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, M.M.
Kata Kunci: Strategi, Promosi, Penerimaan Siswa Baru
Perkembangan zaman yang semakin maju dan semakin banyak lembaga baru yang sudah cukup berkembang serta keadaan pandemi yang juga belum usai membuat seluruh lembaga pendidikan merumuskan strategi agar lembaga yang dinaunginya tetap dapat mempertahankan keberadaanya dibanding dengan lembaga lainnya. Oleh karena itu agar tetap bertahan maka MAN 2 Kota Madiun merumuskan strategi promosi madrasah dalam proses PPDB yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan strategi promosi di MAN 2 Kota Madiun dalam proses penerimaan peserta didik baru pada masa pandemi covid-19, 2) mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan strategi promosi di MAN 2 Kota Madiun dalam proses penerimaan peserta didik baru pada masa pandemi covid-19, 3) mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi strategi promosi di MAN 2 Kota Madiun dalam proses penerimaan peserta didik baru pada masa pandemi covid-19.
Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, tampilan data, kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian diperoleh dari data bahwa: 1) perencanaan strategi promosi dalam proses penerimaan siswa baru masa pandemi covid-19 bahwa MAN 2 Kota Madiun langkah awal yakni dengan pembentukan tugas kepanitiaan, selanjutnya melakukan rapat membahas tentang sekolah mana yang hendak dituju, penguasaan materi sosialisasi, pembagian tugas sosialisasi, hingga sistematika pendaftaran sampai daftar ulang. Dalam perencanaan strategi menggunakan 3 komponen penting diantaranya: a) segmentasi atau melakukan pengelompokan siswa yang akan lulus jenjang SMP yakni SMP/MTS se karisidenan madiun; b) targeting yakni menentukan target pasar, yaitu siswa dari sekolah yang berpeluang besar bagi Madrasah terdiri dari MTS Kota, SMP Bakti Ibu, SMPN 1-14 Madiun dan se karisidenan Madiun; c) positioning yakni menentukan posisi produk sebagai “MAN Unggulan” dengan memberikan sesuatu yang berbeda dengan lembaga lain diantaranya keunggulan dan fasilitas yang dapat tertanam dalam diri dan untuk meyakinkan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan; 2) pelaksanaan strategi yang dilakukan madrasah dalam menarik minat masyarakat yakni dengan menerapkan bauran promosi yang meliputi:a) periklanan secara offline dengan pemasangan banner apresiasi kepada siswa yang berprestasi dan hari besar Nasional, sedangkan online memanfaatkan media sosial instagram, website, facebook, youtube, yang berisi tentang gambaran umum lingkungan madrasah dan keunggulan serta fasilitas madrasah dan program studi yang dimiliki. b) promosi penjualan yakni memberikan penawaran kepada calon konsumen agar tertarik. Meliputi dengan adanya fasilitas ma’had, potongan SPP 15%, dan mengadakan event perlombaan diluar kegiatan PPDB. c) materi instruksional merupakan bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa, d) publisitas yakni memuat berita melalui media internet dan mengadakan event lomba. e) desain organisasi berupa tanda atau simbol pada Madrasah meliputi: seragam, bangunan, dan kalender. f) komunikasi pribadi yakni komunikasi langsung dilakukan saat kegiatan sosialisasi di berbagai SMP/MTS se karisidenan Madiun dan melakukan kerjasama dengan pihak luar; 3) evaluasi dilakukan dengan 3 tahapan diantaranya: a) evaluasi input dilakukan untuk merumuskan kegiatan promosi, b) evaluasi proses dilakukan 2 bulan sekali untuk mengetahui progres, c) evaluasi output dilakukan diakhir kegiatan untuk mengetahui ketercapaian kegiatan dan sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:07
Last Modified: 22 Feb 2023 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22250

Actions (login required)

View Item View Item