(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH..FILE HARUS PDF)..Efektivitas Penerapan Team Game Tournament Dengan Pendekatan Education For Sustainable Development Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas VIII SMP N 5 Ponorogo

Mardhatilla, Zahida Muhtadea (2022) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH..FILE HARUS PDF)..Efektivitas Penerapan Team Game Tournament Dengan Pendekatan Education For Sustainable Development Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas VIII SMP N 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
207180068_Zahida Muhtadea Mardhatilla_Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.docx

Download (2MB)

Abstract

Mardhatilla, Zahida Muhtadea. 2022. Efektivitas Penerapan Team Game Tournament Dengan Pendekatan Education For Sustainable Development Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas VIII SMPN 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M. Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Kolaborasi, Team Game Tournament Education For Sustainable Development
Kemampuan kolaborasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Kemampuan kolaborasi dibutuhkan dalam bermasyarakat ataupun dalam bidang ekonomi, kesehatan, sosial, dan lainnya. Kemampuan kolaborasi termasuk dalam empat elemen penting yang dinilai penting untuk dikuasai pada abad 21 ini. Salah satu soft skill yang perlu dikuasai oleh setiap manusia agar dapat mengorientasikan diri pada era milenial. Sehingga penting untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan kolaborasi. Kemampuan kolaborasi dapat diasah mulai sejak dalam masa sekolah. Sekolah merupakan tempat siswa berinteraksi dengan teman sebaya ataupun dengan tenaga pendidik, akan menjadi tempat yang efektif untuk siswa belajar dan mengembangkan kemampuannya. Pembelajaran yang dilakukan harus dapat memenuhi kebutuhan siswa untuk masa depan salah satunya kemampuan kolaborasi. Pembelajaran yang dilakukan perlu dirancang agar dapat mengembangkan kemampuan kolaborasi siswa. Salah satu model pembelajaran yang bersifat student center dan menyenangkan yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament dengan pendekatan ESD. Pembelajaran ini bersifat perlombaan antar kelompok yang menyenangkan dan kompetisi yang sehat.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT dengan pendekatan ESD terhadap kemampuan kolaborasi siswa tingkat menengah. Terdapat tiga variabel yang menjadi inti penelitian yaitu keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan kemampuan kolaborasi. Penelitian bersifat kuantitatif jenis eksperimen semu. Penelitian ini bertempat di SMPN 5 Ponorogo dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Ponorogo. Sampel yang diambil kelas VIII H sebagai kelas kotrol dan VIII I sebagai kelas eksperimen. Penerapan model pembelajaran TGT dengan pendekatan ESD dilakukan selama tiga kali pertemuan. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Pembelajaran dilakukan dengan materi sistem ekskresi pada semester genap.
Pembelajaran terlaksana dengan sangat baik diketahui dari hasil penilaian observer. Selanjutnya aktivitas siswa dapat diketahui dari hasil observer dan perilaku siswa selama dikelas yang menjadi lebih aktif dan antusias selama pembelajaran. Setelah data didapatkan kemudian dianalisis dengan rumus tertentu, uji t dan uji Ancova. Keterlaksanaan pembelajaran pada model Teams Games Tournament dengan pendekatan ESD memperole rerata 3,63 dan aktivitas siswa pada model pembelajaran TGT 3,61. Model pembelajaran TGT dengan pendekatan ESD dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas VIII SMPN 5 Ponorogo dan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dibandingkan dengan model konvensional. Rerata hasil data penelitia diketahui kelas dengan pembelajaran model TGT memiliki kemampuan kolaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional yaitu 89,3>76,8. Uji skor N-Gain menunjukkan 0,71 untuk model pembelajaran TGT dengan pendekatan ESD dan 0,40 untuk model pembelajaran konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dengan pendekatan ESD efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:52
Last Modified: 22 Feb 2023 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item