Implementasi Sifat STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, dan Fathanah) pada Pemasaran Madu Afifah Honeybee

Kurniawati, Ivtin (2023) Implementasi Sifat STAF (Siddiq, Tabligh, Amanah, dan Fathanah) pada Pemasaran Madu Afifah Honeybee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190089_IVTIN KURNIAWATI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman pelaku usaha madu Afifah Honeybee terkait sifat STAF, untuk menganalisis penerapan sifat STAF pada pemasaran madu Afifah Honeybee serta untuk menganalisis dampak dari penerapan sifat STAF pada pemasaran madu Afifah Honeybee.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan penggalian data secara langsung terhadap pemasar dan konsumen madu Afifah Honeybee. Menggunakan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berasal dari buku, dokumen, jurnal, serta hasil wawancara dengan pemasar dan konsumen madu Afifah Honeybee, yang mana data tersebut diperoleh melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul akan diolah dan dianalisis, lalu dicek keabsahan datanya dengan teknik triangulasi kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasar sudah memahami sifat STAF dan sudah berusaha menerapkan sifat STAF dalam kegiatan bisnis mereka namun belum maksimal. Penerapan belum maksimal dalam sifat tabligh yaitu pemasar hanya menjelaskan apa yang ditanya konsumen tanpa menjelaskan hal yang tidak ditanyakan, belum maksimal penerapan sifat amanah dalam segi ketepatan waktu pengiriman yang terkendala lokasi dan waktu. Belum maksimal penerapan sifat fathanah karena pelaku usaha belum sepenuhnya memahami secara mendalam produk yang ditawarkan dan produk belum memiliki surat izin resmi dari pemerintah.
Penerapan sifat STAF memberikan dampak yang signifikan dan positif terhadap pemasaran madu Afifah Honeybee seperti konsumen yang memberikan kepercayaan kepada pemasar, terjalin hubungan baik antara pelaku usaha, konsumen dan mitra usaha, adanya pelanggan tetap, serta pemanfaatan sumber daya alam menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:48
Last Modified: 22 Feb 2023 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22228

Actions (login required)

View Item View Item