Pengaruh Produk Dan Pemahaman Nasabah Terhadap Penggunaan Mobile Banking Dengan Keputusan Menabung Sebagai Variabel Moderating Studi Pada BSI KCP Magetan Haryono 2

Sari, Daista Wury Permata (2023) Pengaruh Produk Dan Pemahaman Nasabah Terhadap Penggunaan Mobile Banking Dengan Keputusan Menabung Sebagai Variabel Moderating Studi Pada BSI KCP Magetan Haryono 2. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Daista Wury Permata Sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi mengalami peningkatan yang sangat pesat. Kemajuan teknologi memiliki efek menyeluruh ke berbagai bidang industri, salah satunya perkembangan teknologi pada bidang komunikasi yang berpengaruh terhadap kemajuan di bidang keuangan. Tidak terkecuali pada dunia bisnis, perkembangan teknologi informasi saling bertautan, salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi informasi adalah perbankan. Penelitian ini dilakukan pada nasabah BSI KCP Magetan Haryono 2 yang dilatar belakangi adanya perubahan perilaku nasabah yaitu melakukan transaksi menggunakan Mobile Banking (BSI Mobile) Serta kurangnya pemahaman nasabah mengenai produk yang ada di mobile banking BSI. Mobile banking (BSI Mobile) menyediakan berbagai macam transaksi, salah satunya yaitu transfer antar bank maupun beda bank di dalam BSI Mobile menyediakan pembukaan rekening tabungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan pemahaman nasabah terhadap penggunaan mobile banking pada BSI KCP Magetan Haryono 2 dengan keputusan menabung sebagai variabel moderating. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Produk berpengaruh signifikan terhadap mobile banking, dengan nilai Uji T signifikan yaitu 6,718 > 1,661. Pemahaman nasabah berpengaruh signifikan terhadap penggunaan mobile banking dengan nilai Uji T yaitu 4,571 < 1,661. Produk dan pemahaman nasabah berpengaruh secara simultan terhadap mobile banking dengan nilai Uji F signifikan yaitu 0,000 < 0,05. Produk dan pemahaman nasabah berpengaruh secara simultan signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai Uji F signifikan yaitu 0,000 < 0,05. Kempudian variabel keputusan menabung sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh hubungan antara produk terhadap penggunaan mobile banking dibuktikan dengan meningkatnya nilai R Square dari 31,5% menjadi 37,1%. Variabel keputusan menabung sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh hubungan antara pemahaman nasabah terhadap penggunaan mobile banking dibuktikan dengan meningkatnya nilai R Square dari 17,6% menjadi 29,4%. Variabel keputusan manabung sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh produk dan pemahaman nasabah terhadap penggunaan mobile banking dari 33,6% menjadi 38,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:43
Last Modified: 22 Feb 2023 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22225

Actions (login required)

View Item View Item