Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bengkel Las Bening Stheel Madiun Dalam Perspektif Kepemimpinan Islam

Putra, Ichwayan Satria Purnama (2022) Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bengkel Las Bening Stheel Madiun Dalam Perspektif Kepemimpinan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717109 Ichwayan Satria purnama putra ethese.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putra, Ichwayan. Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Bengkel Las Bening Stheel Madiun Dalam Perspektif Kepemimpinan Islam. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M.IRKH.

Kata Kunci: Peran Pemimpin, Kinerja, Kepemimpinan Islam.
Peran pemimpin dalam suatu perusahaan merupakan seseorang yang bisa merencanakan, menggerakkan, dan mengawasi setiap aktivitas karyawan dalam perusahaan. Seperti halnya pemimpin di Bengkel Las Bening Stheel Klagenserut Jiwan Madiun menerapkan konsep kepemimpinan islam dengan semaksimal mungkin sebagai upaya peningkatan kinerja karyawan.
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja karyawan Bengkel Las Bening Stheel dengan menerapkan konsep kepemimpinan islam. Metode Filed Research digunakan untuk menganalisa penelitian. Dengan menggunakan deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi, dengan teknik pengolahan data editing, klasifikasi, dan memberi kode.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam aspek siddiq dan fathanah pemimpin kurang memaksimalkan upayanya dalam meningkatkan kinerja ditunjukkan perintah yang tidak sesuai job deskripsi dan kurangnya kewibawaan pemimpin. Sedangkan pada aspek amanah dan tabligh sudah memaksimalkan upayanya yang ditunjukkan dengan berprinsip kepuasan konsumen dan bisa memberikan bimbingan ke karyawan. Sedangkan pada faktor kemampuan, keahlian, pengetahuan, komitmen, dan disiplin kerja, kurang maksimal dalam penerapannya ditunjukkan dengan pemimpin mempunyai kriteria tersendiri atas karyawan. Sedangkan pada faktor rancangan kerja, kepribadian, motivasi kerja, kepemimpinan, gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja, lingkungan kerja, dan loyalitas, sudah baik dalam penerapannya sehingga bisa mempengaruhi kinerja. Sedangkan dampak peran pemimpin dalam kinerja dan capaian hasil karyawan pada segi kualitas, penekanan biaya, pengawasan, dan hubungan antar karyawan ternyata berdampak positif, terbukti dengan tidak menurunnya kualitas barang. Sedangkan berdampak negatif dari segi kuantitas dan waktu, dikarenakan waktu kerja menurut peraturan yang berlaku dipersingkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Feb 2023 00:55
Last Modified: 16 Feb 2023 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item View Item