PENERAPAN FISHBOWL DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII B SMPN 2 JETIS PONOROGO TAHUN AJARAN 2022/2023

Nanda Rahmi, Kunlaili (2022) PENERAPAN FISHBOWL DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII B SMPN 2 JETIS PONOROGO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180061_KUNLAILI NANDA RAHMI_IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahmi, Kunlaili Nanda. Penerapan Fishbowl Discussion untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII B SMPN 2 Jetis Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata kunci: Fishbowl Discussion, Motivasi, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa SMPN 2 Jetis Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran pendidik hanya menggunakan model konvensional sehingga siswa jarang mengajukan petanyaan atau memberikan tanggapan, proses pembelajaran kurang aktif, hal ini dilihat dari respon siswa dalam mengukuti proses pembelajaran IPS terpadu, dan sebagian siswa ada yang merasa bosan dan mengantuk ketika pendidik menyampaikan materi pelajaran. Sehingga pembelajaran belum berjalan dengan baik dan berdampak pada hasil belajar siswa. Maka penelitian ini menggunakan model fishbowl discussion untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS terpadu siswa SMPN 2 Jetis Ponorogo. Salah satu tujuan dan manfaat dari fishbowl discussion adalah saling berhubungan antarasatu dengan lainnya, melatih menghargai pendapat satu sama lain, menumbuhkan percaya diri, memudahkan dalam penyelasain tugas, dan menjadi dorongan untuk belajar aktif dikelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui peningkatan motivasi siswa dengan penerapan Fishbowl discussion pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII B SMPN 2 Jetis Ponorogo tahun ajara 2022/2023; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan fishbowl discussion pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII B SMPN 2 Jetis Ponorogo tahun ajara 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan karakteristik dari classroom action research adalah self reflective yang dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Jetis Ponorogo yang berjumlah 24 siswa. Pemilihan lokasi penelitian didasari oleh hasil pengamatan yang peneliti lakukan secara langsung pada saat observasi dilapangan. Penelitian ini menggunakan angket, hasil belajar, dan dokumen sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Data angket dan hasil belajar yang digunakan peneliti pada tindak penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa menerima atau merespon pemebelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fishbowl discussion sudah diterapkan dengan baik. Berdasarkan hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu materi interaksi keruangan dalam kehidupan negara-negara ASEAN. Kondisi nilai awal siswa yang berada pada kategori tidak tuntas sebesar 58% dan pada kategori tuntas sebesar 42%, karena permasalahan model pembelajaran yang tidak kondusif mengakibatkan banyak siswa yang tidak memiliki minat untuk belajar dan akan berkurngnya perhatikan siswa dalam belajar pada saat pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu. Dengan hal demikian, peneliti mengusahakan dalam meningkatkan semangat belajar siswa dengan menggunakan model fishbowl discussion agar siswa termotivasi dalam belajar dan hasil siswa mengalami peningkatan. Untuk meningkatkan motivasi siswa pendidik diharapkan selalu memperhatikan perkembangan belajar dengan baik, mendorong siswa melakukan hal-hal yang dapat bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Siswa akan belajar dengan tekun dan berani menghadapi masalah maupun mencari jalan keluar terhadap masalah yang dialaminya apabila ia mendapatkan perhatian yang lebih dari pendidik dan orang tua saat dirumah. Kegiatan ranah kognitif yang paling banyak digunakan pendidik untuk mengukur kemampuan siswa kerana berkaitan dengan pengetahuan, pikiran, dan kemampuan siswa dalam menguasai isi bahan pengajaran. Hasil belajar menjadi tolak ukur setiap kemampuan yang dimiliki siswa, pendidik diharapkan untuk mengatahui model yang dapat meningkatkan keaktifan kegiatan mental individu dalam proses pembelajaran dan dapat merubah prilaku belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan analisis tersebut dapat dibuktikan bahwa penerapan fishbowl discussion dapat meningkatkan motivasi secara instrisnik pada siswa dan penerapan fishbowl discussion dapat meningkatkan hasil belajar dengan ranah kognitif dari siswa, berawal dari kondisi nilai siswa yang rendah dengan nilai 42% setelah adanya fishbowl discussion pada siklus 1 mengalami peningkatan tetapi masih tergolong rendah dengan nilai 54,2% dan pada siklus 2 telah mencapai kriteria maksimal 91,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:26
Last Modified: 15 Feb 2023 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item View Item