Peran Guru TK Dalam Mempersiapkan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar Di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo

Wahyuni, Sri (2022) Peran Guru TK Dalam Mempersiapkan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar Di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180023 SRI WAHYUNI PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Sri. 2022. Peran Guru TK Dalam Mempersiapkan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar di RA Muslimat NU 071 Trisono Bababadan Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Guru, Kesiapan Sekolah, Anak Usia Dini, Sekolah Dasar
Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas atau peran yang begitu banyak, diantaranya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Guru juga harus mampu mengarahkan siswa/siswinya pada jalan yang benar. Peran guru untuk kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar memiliki kaitan erat. Dengan bimbingan, didikan, serta motivasi gurulah anak memiliki bekal kemampuan yang akan membawa anak kepada kesiapan secara akademik. Fakta ditemukan bahwa anak RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo sebagian besar sudah memiliki kesiapan yang baik dari segi akademik mereka yang tanpa disadari perkembangan dari aspek lain pun juga ikut menyusul, walaupun masih ada beberapa anak yang masih kurang dalam kesiapan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan profil kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo. 2) mendeskripsikan peran guru TK dalam mempersiapkan anak usia dini memasuki sekolah dasar di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo.
Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai konsep Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar ditunjukkan pada anak yang perkembangan fisiknya sudah baik yang dimana mereka sudah bias mengontrol keseimbangan dirinya, anak dapat menggambar coretan-coretan yang lebih bermakna, kemandiriannya untuk tidak bergantung pada ayah dan ibunya sudah mulai berkurang, anak dapat menikmati kegiatan yang dipilihnya sendiri, sudah mulai berkonsentrasi pada suatu hal, anak sudah dapat berbagi dan bermain Bersama teman-temannya. Dan (2) peran guru dalam kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar di kelas B RA Muslimat NU 071 Trisoono Babadan Ponorogo yaitu guru sebagai pendamping belajar yang baik, menjadi teladan bagi anak muridnya dengan memberikan contoh baik, memberikan motivasi agar tingkat belajar anak semakin membaik, memberikan evalusi terhadap anak didik, dan sebagai pendidik yang memiliki tujuan mengubah tingkah laku siswa agar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:15
Last Modified: 13 Feb 2023 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item