Ilma Fikri, Mufidah (2022) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMK NEGERI 1 KEBONSARI MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211217063_ILMA FIKRI MUFIDAH_MPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peran yang besar dalam perkembangan
dan kemajuan sekolah. Kepala sekolah juga harus memiliki kemampuan berpikir berdasarkan
perilaku pemimpin tertinggi dalam organisasi untuk membantu organisasi sekolah dalam
penyesuaian lingkungan dalam sekolah maupun luar sekolah. Dalam hal ini kepala sekolah juga
bertanggung jawab dalam menentukan upaya meningkatkan kualitas output dari sekolahnya.
Mutu lulusan adalah inti dari proses pendidikan yang dapat menentukan keberlangsungan
lembaga pendidikan dalam jangka panjang. Mutu lulusan sendiri merupakan dasar untuk
menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan handal. Oleh sebab itu usaha-usaha
peningkatannya harus selalu dilakukan secara terus menerus. Dalam hal ini kinerja kepala
sekolah sangat berpengaruh pencapaian mutu lulusan yang baik.
Berdasarkan uraian di atas, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan bentuk
upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Kebonsari; (2)
Menjelaskan faktor penghambat dan pendukung upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
mutu lulusan di SMK Negeri 1 Kebonsari; (3) Menjelaskan hasil upaya kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Kebonsari.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1) bentuk
upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu meningkatkan SDM, mengadakan
tambahan pelajaran dari guru tamu, penerapan kedisiplinan, penyempurnaan sarana dan
prasarana dan rapat evalusasi yang rutin dilaksanakan 3 kali dalam satu semester; (2) faktor
penghambat yaitu muncul dari guru yang berasal dari faktor internal berupa keinginan yang
rendah dalam melaksanakan tanggung jawab yang telah diamanati oleh kepala sekolah.
Sedangkan hambatan dari siswa berasal dari faktor eksternal yang berupa terbatasnya ekonomi
untuk melakukan kegiatan yang direkomendasikan dari kepala sekolah berupa magang industri
atau PKL. Upaya yang dilakukan mengatasi hambatan dengan kepala sekolah memberikan
motivasi pada guru yang bersangkutan dan pada peserta didik memperbolehkan magang sesuai
dengan pilihan. Faktor pendukung berupa keinginan peserta yang tinggi dalam mengikuti
program magang kerja; (3) meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Kebonsari, sehingga lebih
dari 50% lulusan dapat bersaing di dunia kerja, dalam maupun luar negeri beberapa perusahaan
tersebut diantaranya Komatsu, Yamaha, JIC (Japan Interstudy Center) dan Daihatsu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 01:11 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 01:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22205 |
Actions (login required)
View Item |