Pemahaman Sikap Tawaduk Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo

Rahmatia, Garisha (2022) Pemahaman Sikap Tawaduk Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180320_Garisha Rahmatia_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

menunjukkan penilaian, perasaan serta tindakan terhadap suatu objek. Sikap yang berbeda-beda terjadi karena pemahaman dan pengalaman yang sudah dialami oleh suatu objek. Maka dari itu hasil sikap ada yang positif yaitu bisa menerima dan negatif yaitu tidak bisa menerima. Oleh sebab dengan adanya permasalahan itu pemahaman sikap tawaduk sangat berguna bagi Santriwati yang berada di Pesantren karena dapat menjaga adab sopan santun dengan baik, dan dapat menghindari sikap sombong apabila mendapatkan derajat yang tinggi. Dalam pemahaman mengenai sikap tawaduk santriwati diajarkan oleh para pendidik di Pesantren putri Al-Mawaddah untuk bisa memahami dan menerapkan dalam keseharian. Pemilihan Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo dalam pelaksanaan penelitian karena metodenya dan terdapat berbagai macam sikap dan perilaku santriwati dalam rutinitas, sehingga peneliti sangat tertarik untuk meneliti di Pesantren putri Al-Mawaddah Ponorogo.
Dalam penelitian ini bertujuan : (1) mengungkap pemahaman santriwati di Pesantren putri Al-Mawaddah mengenai konsep Tawaduk; (2) mendeskripsikan pemahaman santriwati di Pesantren putri Al-Mawaddah mengenai tawaduk kepada Guru; (3) memaparkan metode pembiasaan tawaduk yang dilakukan Al-Mawaddah.
Dalam menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga langkah diantaranya: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan data diakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi.
Dalam penelitian menghasilkan: (1) Pemahaman Santriwati di Pesantren putri Al-Mawaddah mengenai konsep tawaduk adalah sebagai sikap merendahkan hati dan tidak boleh menyombongkan diri dengan apa yang telah dimiliki; (2) Pemahaman santriwati di Pesantren putri Al-Mawaddah tentang tawaduk terhadap Guru, adalah dimaknai sebagai sikap tawaduk dalam mengikuti pembelajaran. Tawadhu dalam pembelajaran diwujudkan dalam bentuk perilaku sopan dan santun pembelajaran; (3) Metode pembiasaan tawaduk yang dilakukan di Pesantren putri Al-Mawaddah adalah dengan mengaplikasikan etiket adab sopan santun dan penerapan 5S dimanapun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB Musyafa` Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:29
Last Modified: 04 Jan 2023 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22182

Actions (login required)

View Item View Item