Konsep Pendidikan Humanisme (Telaah Pemikiran Ki Hajar Dewantara)

Akbar, M. Fadli (2022) Konsep Pendidikan Humanisme (Telaah Pemikiran Ki Hajar Dewantara). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180358 M. FADLI AKBAR SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan seringkali menjadi pusat perhatian di
masyarakat terkhusus Indonesia yang mana negara itu bisa
dikatakan maju apabila pendidikannya maju pula, problematika
sektor pendidikan yang ada di Indonesia terasa sangat
kompleks, dari mulai peserta didik, tenaga pendidik hingga
kebijakan kurikulum yang masih sangat labil konsistensinya.
Kondisi yang demikian ini memunculkan sebuah paradigma di
peserta didik bahwa pendidkan merupakan dapat dikatakan hal
yang membosankan karena terlalu banyaknya pelajaran yang
menumpuk sehingga orientasi hasil juga kurang maksimal. Dalam penelitian pendidikan humanis Ki Hajar Dewantara ini salah satunya untuk mengembalikan fungsi
pendidikan itu sendiri, yakni memanusiakan manusia sesuai
kodrat lahir dan bathinnya. Adapun kebijakan pendidikan
nasional Indonesia saat ini mengusung kurikulum merdeka
belajar yang dicetuskan oleh Mendikbud Nadiem Anwar
Makarim. Perlunya nilai-nilai humanis dipegang kuat sebagai
landasan kebijakan, sehingga kebijakan mampu merealisasikan
kebutuhan manusia dan mampu mendorong praktik-praktik
pendidikan humanis. Penelitian ini sebagai bentuk keprihatinan mahasiswa atau pelajar terhadap pendidikan di Indonesia, banyak sekali
problematika yang terjadi sampai saat ini. Sehingga perlunya
perubahan terkait sistem pendidikan yang ada di Indonesia,
agar bagaimanapun pendidikan sebagai tonggak perubahan
untuk melawan arus zaman yang semakin pesat berkembang.
Akan tetapi sistem pendidikan tidak dapat terlepas dengan
kultur budaya yang sudah mengikat masyarakat sejak mereka
lahir, perlunya perhatian khusus bagi masyarakat yang berada
di pelosok negeri, yang mana sangat sulit untuk menjangkau
wawasan yang luas dalam ruang belajar mengajar. Pendidikan
Indonesia tidak dapat dipungkiri hanya menjangkau masyrakat
yang ada diperkotaan saja, tetapi lupa bahwa banyak masyarakat pinggiran yang sangat butuh akan pendidikan. Dalam penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan
konsep pendidikan humanisme (2) mendeskripsikan relevansi
pendidikan humanisme Ki Hajar Dewantara dengan kondisi
sistem pendidikan di Indonesia saat ini. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (library research). Teknik penelitian ini dilakukan dengan cara
membaca buku atau jurnal, juga melalui forum diskusi dalam
organisasi, bahkan sumber data seperti lieratur majalah maupun
media yang dianggap masih relevan dengan pembahasan,
secara tidak langsung bertujuan memberikan makna,
menjelaskan, dan menginterpretasikan teks menjadi suatu
pemahaman. Penelitian ini menghimpun dalam Buku Ki Hajar
Dewanatara Edisi Pertama Terkait Pendidikan.
Berdasarkan pemahaman dan temuan peneliti bahwa,
(1) konsep pendidikan humanisme yaitu pendidikan yang
sangat menghormati harkat dan martabat manusia atau biasa disebut dengan memanusiakan manusia, untuk
mengembangkan potensi diri secara utuh dan optimal.
Menjunjung tinggi dan mengarahkan manusia untuk menjadi
lebih manusiawi dalam artian memfungsikan tugas manusia
sebagai khalifah di bumi. (2) relevansi pendidikan humanisme
Ki Hajar Dewantara dengan kondisi sistem pendidikan di
Indonesia sekarang yaitu merdeka belajar sangat erat berkaitan
untuk kurikulum saat ini, yang mana hampir keseluruhan
sistem pendidikan di Indonesia sekarang mengadopsi gagasan
terkait pendidikan taman siswa Ki Hajar Dewantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:55
Last Modified: 21 Dec 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item