EKSISTENSI RENTENIR DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS DI PASAR DOLOPO BARU)

Zhul Kifli, Imam (2020) EKSISTENSI RENTENIR DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS DI PASAR DOLOPO BARU). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
1671511067428_upload etheses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kifli, Imam Zhul. Eksistensi Rentenir di Pasar Tradisonal (Studi Kasus di Pasar Dolopo Baru).Tesis, program studi ekonomi syariah, pasca sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Izza Hanifuddin, Ph. D.

Kata kunci: Eksistensi rentenir, Pasar tradisional,

Rentenir sebagai alternatif pilihan bagi pedagang untuk mendapatkan pinjaman secara cepat dan mudah masih marak dilakukan para pedagang dipasar dolopo baru. Hal itu membuat lembaga keuangan syariah gencar melakukan promosi dan sosialisasi untuk menarik minat para pedagang agar beralih menggunakan jasa pembiayaan mereka. Melihat fenomena tersebut membuat peneliti tertarik untuk membahas tentang Eksistensi Rentenir di Pasar Tradisonal (Studi Kasus di Pasar Dolopo Baru)
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui eksistensi komunitas rentenir di pasar dolopo baru (2) Mengetahui strategi lembaga keuangan syariah untuk mengurangi eksistensi rentenir di pasar dolopo baru (3) Mengetahui pemahaman, respon masyarakat dan lembaga keuangan syariah terkait rentenir
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif yang memiliki karakteristik alami (natural setting). Lokasi penelitian dilakukan di Pasar Dolopo Baru. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data yang telah dikumpulkan untuk lebih fokus pada hal-hal penting yang berkaitan dengan penelitian kemudian menyajikan data dalam bentuk uraian untuk memudahkan pemahaman dan kemudian penarikan kesimpulan.
Penilitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, Beberapa pedagang di Pasar Dolopo Baru masih tergiur dengan jasa pinjaman rentenir dengan alasan persyaratannya yang mudah dipenuhi dengan proses yang cepat. Kedua, Setrategi yang digunakan lembaga keuangan syariah untuk mereduksi rentenir di Pasar Dolopo Baru adalah sekmenting, promosi prodak pinjaman, pelayanan jemput bola dan memepermudah proses pengajuan pembiayaan. Ketiga, Respon masyarakat terhadap keberadaan lembaga keunagn syariah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para pedagang yang beralih dari jasa rentenir ke jasa pembiayaan lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:46
Last Modified: 20 Dec 2022 04:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22170

Actions (login required)

View Item View Item