Pengaruh Minat Baca dan Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Pratama, Marga Hisa Akbar (2022) Pengaruh Minat Baca dan Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Marga Hisa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pratama, Marga Hisa Akbar. 2022. Pengaruh Minat Baca dan Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulamnsari, M.Si.
Kata Kunci: Minat Baca, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
Hasil belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah menyelesaikan suatu proses pembelajaran. hasil belajar yang baik dapat dilihat dari nilai peserta didik yang berada diatas kriteria ketuntasan minimum. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Ponorogo. Mata pelajaran PABP sangat berperan penting terhadap akhlak serta perilaku peserta didik, karena dalam pelajaran PABP selain memuat pembelajaran tentang kaidah-kaidah agama juga memuat tentang adab dan dan akhlak. Berdasarkan dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti melalui proses wawancara dengan guru mata pelajaran PABP, diperoleh informasi bahwa nilai hasil belajar siswa masih belum maksimal, hal ini ditandai dengan masih ada beberapa peserta didik yang memperoleh nilai dibawah rata-rata yaitu 72, dengan sedangkan untuk nilai Kriteria Ketuntasan Mininimum nya 75.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Ponorogo pada mata pelajaran PABP. 2) mengetahui minat baca siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Ponorogo pada mata pelajaran PABP. 3) mengetahui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PABP siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Ponorogo. 4) mengetahui signifikansi minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Ponorogo pada mata pelajaran PABP. 5) mengetahui signifikansi penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Ponorogo pada mata pelajaran PABP. 6) mengetahui signifikansi minat baca dan penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Ponorogo pada mata pelajaran PABP.
Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 266 dan peneliti mengambil sampel sejumlah 159 responden. Instrument pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemulkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 74,2% . 2) Minat baca siswa dominan dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 74,8%. 3) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi termasuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan prosentase sebesar 74,8%. 4) minat baca berpengaruh signifikan sebesar 41,9%. 5) penerapan metode pemblajaran demonstrasi berpengaruh signifikan sebesar 41,8%. 6) Minat baca dan penerapan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan sebesar 47,8% terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Ponorogo Pada Mata pelajarn PABP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:40
Last Modified: 16 Dec 2022 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item